Gubernur Letakan Batu Pertama Lokasi Parkir Masjid Subulussalam Nagari Pangian

Rabu, 28 Oktober 2020, 20:37 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Gubernur Letakan Batu Pertama Lokasi Parkir Masjid Subulussalam Nagari Pangian
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno didampingi Erman Rahman (Pjs Bupati Tanahdatar), Yusrizal (Kabag Humas dan Protokol), Rabu (28/10/2020) melakukan peletakan batu pertama pembangunan lokasi parkir Masjid Subulussalam di Jorong Patameh, Nagari Pangia

VALORAnews - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno didampingi Erman Rahman (Pjs Bupati Tanahdatar), Yusrizal (Kabag Humas dan Protokol), Rabu (28/10/2020) melakukan peletakan batu pertama pembangunan lokasi parkir Masjid Subulussalam di Jorong Patameh, Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo.

Pada kesempatan itu, hadir juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Jefri Masrul, Camat Lintau Buo Agusril, Wali Nagari Pangian Abdul Wazid serta Mahyeldi dan para tokoh masyarakat setempat.

Diketahui, Rencana Anggaran Belanja (RAB) untuk pembangunan lahan parkir masjid Subulussalam Jorong Patameh, akan menghabiskan biaya sebesar Rp1,858 miliar.

Pengurus Masjid Subussalam, Gazali Karani yang juga sebagai panitia pembangunan, dalam laporan mengatakan, sejak dibangun pada 1966, masjid tersebut telah beberapa kali dilakukan renovasi. Semula masjid ini hanya berukuran 8x7 meter. Pada 1987, oleh masyarakat setempat melakukan renovasi hingga dilanjutkan sampai ke lantai dua.

Baca juga: APBD Tanahdatar 2021 Ditetapkan, Pendapatan Daerah Rp1,3 Triliun

"Hanya saja dalam perkembangannya, kita mengalami kendala dengan tidak adanya lokasi parkir untuk para jamaah maupun orang yang sekadar singgah untuk menjalankan ibadah di masjid ini. Selain itu masjid ini letaknya juga didekat Pasar Jumat, sehingga memang sangat membutuhkan lahan parkir yang memadai. Oleh karena itu, setelah kami membahas hal ini disepakati untuk membuat area parkir yang dibangun di atas telaga," sebut Gazali.

Gazali juga mengungkapkan, area parkir yang akan dibangun ini terpaksa di buat di area telaga, sebab sekeliling masjid sudah tidak ada lagi lahan yang bisa dimanfaatkan sudah sempit, sehingga biaya yang kami butuhkan melonjak jadi Rp1.8 miliar lebih.

"Kami berharap, agar pembangunan area parkir ini juga mendapatkan dukungan dan sekaligus bantuan dari Pemda Tanahdatar maupun Pemprov Sumbar, sehingga apa yang kami kerjakan berjalan dengan baik dan lancar," harapnya.

"Karena, manfaatnya akan sangat besar terutama bagi jamaah, jika selama ini kendaraan para jamaah yang datang diparkir di pinggir jalan, kedepan tentu bisa di parkirkan di tempat parkir yang akan kita bangun ini," harap Gazali.

Baca juga: Sumbar Juara Umum MTQ XXVIII, Qori Tanahdatar Sumbang 5 Pemenang

Pada kesempatan itu, Erman Rahman mengapresiasi niat pengurus dan masyarakat Patameh khususnya untuk membangun area parkir tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: