Tim Tanggap Darurat Covid19 FISIP Unand Manfaatkan Sosial Media untuk Edukasi Masyarakat

Sabtu, 04 April 2020, 10:45 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Tim Tanggap Darurat Covid19 FISIP Unand Manfaatkan Sosial Media untuk Edukasi Masyarakat
Koordinator Tim Tanggap Darurat Covid19 FISIP Unand, Aidinil Zetra. (istimewa)

VALORAnews - Koordinator Tim Tanggap Darurat Covid19 FISIP Unand, Aidinil Zetra memastikan, komitmen, kejujuran dan transparansi kebijakan yang diambil pemerintah dalam penanganan pandemi Coronovirus Diseases (Covid19) akan terus dipantau.

"Struktur Gugus Tugas yang mengimplementasikan kebijakan, akan terus kita pantau. Misalnya, kesesuaian dengan standard operasional prosedur (SOP), kejelasan struktur komando serta fleksibelitas mereka dalam bekerja," ungkap Aidinil dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat (3/4/2020).

Pencermatan ini, terang dia, secara khusus akan dilakukan Divisi Analisis dan Rekomendasi Kebijakan pada Tim Tanggap Darurat Covid19 FISIP Unand. Diharapkan, mampu menjawab berbagai persoalan kebijakan melalui kuesionernya telah disebar dan direspon oleh ratusan orang.

"Tentu banyak pihak membutuhkan rekomendasi ini, yang sangat manfaat bagi semua stakeholder kebijakan dalam menanggulangi pandemi Covid19," terangnya.

Baca juga: FISIP Unand Rilis Hasil Kuesioner Penanganan Covid19 di Sumbar, Ini Rekomendasinya

Divisi yang diketuai dosen kebijakan Publik dari Administrasi Publik, Rozidateno ini, jelas dia, akan mengidentifikasi serta mempelajari berbagai kebijakan yang telah diambil pemerintah di berbagai negara dalam memutus mata rantai penyebaran Covid19 sekaligus menanggulangi dampak negatifnya.

"Divisi ini juga mengkaji semua kebijakan yang telah diterbitkan pemerintah baik pusat maupun provinsi, Kabupaten/Kota di Indonesia bahkan sampai tingkat paling bawah. Tim ini mengkaji bagaimana implementasi kebijakan tersebut dengan melihat apa yang senyatanya terjadi di lapangan, dampak yang timbul sesudah kebijakan diambil pada masyarakat," ulas dia.

"Divisi ini terus memantau bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah sebagai implementor, para tokoh terhadap masyarakat, apa yang mereka dilakukan, bagamana ketersediaan sumberdaya dalam menjalankan kebijakan baik sumber daya manusia maupun sumber daya finansial."

Baca juga: Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019: Akademisi Unand: Indepedensi Pers di Daerah Tersandung Kemampuan Finansial

Sosialisasi di Sosial Media

Selain melakukan pemantauan, Tim Tanggap Darurat Covid19 FISIP Unand juga secara aktif melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat dengan memanfaatkan potensi sosial media. Penanggungjawabnya, Divisi Edukasi dan Kampanye yang dipimpin Emeraldy Chatra (Ketua Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP).

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: