Inilah Usulan Prioritas Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab

Selasa, 25 Februari 2020, 20:33 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Inilah Usulan Prioritas Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab
Wakil Ketua DPRD Tanahdatar, Anton Yondra bersama Afrizal (Camat Sungai Tarab) dan undangan lainnya, saat menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Sungai Tarab, Senin (24/2/2020). (jheni rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Camat Sungai Tarab, Afrizal menilai, lingkungan kerja yang didukung gedung kantor yang nyaman, adalah salah satu faktor penunjang produktifitas dalam bekerja. Saat ini, kondisi fisik kantor camat yang berada di pinggir jalan raya Batusangkar-Bukittinggi itu, membutuhkan rehab berat.

"Usulan rehab gedung kantor ini, sudah masuk dalam usulan kegiatan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan," ungkap Arizal ketika Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab, Senin (24/2/2020).

Dikatakan, usulan rehab kantor camat ini, sudah masuk prioritas kegiatan 2021 pada bidang pemerintahan dan sosial budaya, di samping kegiatan lain yang juga masuk prioritas di Kecamatan Sungai Tarab. Prioritas pembangunan lain di bidang pemerintahan dan sosial budaya seperti lanjutan pembangunan Balai Adat Nagari Padang Laweh, pembangunan Kantor Wali Nagari Gurun.

Kemudian, lanjutan pembangunan Kantor Wali Nagari Simpuruik, lanjutan pembangunan Kantor Wali Nagari Pasie Laweh, rehab ruangan belajar, pengadaan meubelair serta perlengkapan, rehab pagar, halaman, gedung dan perpustakaan di beberapa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kecamatan Sungai Tarab.

Baca juga: Nolkan Kemiskinan Ekstrem dan Pengarustamaan Gender, Agam Raih Penghargaan Tingkat Rpvinsi

Rehab Puskesmas, Pustu, pembangunan Polindes, pengadaan meubelair Puskesmas, pengadaan ambulance Puskesmas dan nagari, perbaikan rumah gadang, pelatihan keterampilan untuk masyarakat, dan pengadaan sarana dan prasarana olahraga.

Pada bidang fisik dan prasarana, pria yang akrab disapa ayah ini menyebutkan, seperti pengerasan jalan simpang Kantor Wali Nagari Pasie Laweh-Parik, pengaspalan jalan Simpang Parigi-Cacang-Koto Gadang, lanjutan pengaspalan jalan Kelok Sarina-Ponpes Jabal Rahmah, rehab jalan Simpang Sitakuak-Simpang Potai, rehab jalan Sungai Leman-Sumaniak, rehab jalan raya Talang Tangah dan pembangunan trotoar Simpang Asrama-Sijangek.

Prioritas di bidang ekonomi, ungkap Afrizal, pengadaan mesin penggiling kopi Nagari Sungai Tarab, pengadaan mesin potong rumput untuk Kelompok Tani Padang Laweh, pengadaan mesin perontok jagung Nagari Kumango, pengadaan bibit unggul padi, cengkeh, casiavera, durian, pokat, jeruk, manggis, pisang dan pepaya, pembukaan jalan usaha tani, perbaikan irigasi, pengadaan ternak sapi, kerbau, kambing, ayam dan itik, pengadaan bibit dan pakan ikan, revitalisasi pasar nagari Sungai Tarab, Gurun dan Pasie Laweh.

Sementara, kegiatan pembangunan yang masuk di Kecamatan Sungai Tarab tahun 2019 disampaikan Afrizal dengan total anggaran Rp34 miliar lebih, yang paling besar di antaranya dibidang kesehatan sebesar Rp9 miliar lebih, selanjutnya dana desa Rp8 miliar lebih dan alokasi dana nagari Rp7 miliar lebih.

Baca juga: Musrenbang Terintegrasi Sumbar 2024, Gubernur: Momentum Menyusun Mimpi Besar Sumbar 2045

Wakil Ketua DPRD Tanahdatar, Anton Yondra menyampaikan apresiasi dan memuji Afrizal yang punya banyak inovasi. "Pak camat punya banyak inovasi, selalu aktif turun ke masyarakat. Dengan 10 nagari yang ada di Kecamatan Sungai Tarab, tentu butuh waktu juga untuk mengunjunginya satu per satu. Semoga pak camat kita ini, dapat menjadi contoh bagi camat-camat lain," ucapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: