Silpa Terbesar Nagari Salimpaung Disumbang Dana BKBK Provinsi

Kamis, 13 Februari 2020, 08:58 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Silpa Terbesar Nagari Salimpaung Disumbang Dana BKBK Provinsi
Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma beserta rombongan, Camat Salimpaung, Forkopimca, saat memberikan arahan pada musrenbang Nagari Salimpaung, Rabu (12/2/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews -- Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Nagari Salimpaung dihadiri Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma, anggota DPRD Sumbar dan Tanahdatar serta tokoh masyarakat lainnya. Selain pembenahan jalan, perbaikan kapalo banda dan saluran irigasi, jadi usulan prioritas warga di kegiatan Musrenbang itu.

"Di samping prioritas perbaikan jalan, yang juga jadi sangat penting diusulkan yakni perbaikan kapalo banda dan irigasi yang rusak akibat dihondoh air bah," ucap Wali Nagari Salimpaung, Marjohan saat menyampaikan usulan kegiatan pada kegiatan Musrenbang 2021 di kantor wali nagari, Rabu (12/2/2020).

Disampaikan Marjohan, kapalo banda yang rusak akibat dihondoh air bah itu yakni Kapalo Banda Daro, Kapalo Banda Bawah Tang Paung, Kapalo Banda Pandan Ateh, Kapalo Banda Bawah Titian Dalam Koto, Kapalo Banda Pandan. Kemudian, lanjutan pembangunan saluran irigasi dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp14 miliar lebih.

Marjohan juga melaporkan, di tahun anggaran 2019, Nagari Salimpauang mendapat kucuran dana sebesar Rp3,2 miliar yang bersumber dari APBN, APBD, BKBK (Bantuan Keuangan Bersifat Khusus) dan PBH (Penerimaan Bagi Hasil).

Baca juga: Nolkan Kemiskinan Ekstrem dan Pengarustamaan Gender, Agam Raih Penghargaan Tingkat Rpvinsi

"Anggaran sebanyak itu terealisasi sebesar Rp1,6 miliar dan Silpa Rp1,6 miliar. Faktor penyumbang Silpa terbesar yakni anggaran yang berasal dari BKBK yakni sebesar Rp1,425 miliar. Belum ada terealisasi atau 0% realisasinya," ungkap Marjohan.

Selain itu, Marjohan juga menyampaikan beberapa inovasi Nagari Salimpaung di bidang pelayanan seperti selalu melaksanakan apel pagi setiap hari Senin, pelayanan di kantor wali nagari juga dibuka setiap Sabtu.

Bagi masyarakat yang membutuhkan dokumen sangat mendesak, perangkat nagari akan melayani 24 jam setiap hari. Juga ada inovasi TTG seperti penemuan cor tanaman dari barang bekas, alat penebar pupuk dari paralon dan pengolahan labu siam jadi 14 jenis makan.

Pada saat Musrenbang tersebut, Anggota DPRD Sumatera Barat, Arkadius Dt Intan Bano juga berjanji akan memberi bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) berupa mesin bajak dan 250 ekor itik untuk kelompok tani di Nagari Salimpaung. Arkadius dikesempatan itu minta wali nagari, segera menyiapkan nama kelompok penerima bantuan dari DPRD Provinsi Sumatera Barat itu.

Baca juga: Musrenbang Terintegrasi Sumbar 2024, Gubernur: Momentum Menyusun Mimpi Besar Sumbar 2045

Singkronkan

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: