ISI Padangpanjang Kirim Karya Rasmida ke Thailand

Senin, 12 Agustus 2019, 09:06 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
ISI Padangpanjang Kirim Karya Rasmida ke Thailand
Rektor ISI Padangpanjang, Prof Novesar Jamarun beserta jajaran petinggi kampus lainnya, menyaksikan suguhan karya drama tari Siti Manggopoh, Lengking Dendang dalam pekat Part #3 yang akan ditampilkan di Thailand, Senin (12/8/2019). (humas)

VALORAnews - Nama Institut Seni Indonesia Padangpanjang makin berkibar di luar negeri. Salah satunya melalui pengiriman karya dalam berbagai festival internasional. Kali ini karya sendratari Siti Manggopoh, buah garapan Dr Rasmida yang dikirim ke Thailand.

Persiapan akhir atau pentas pamitan karya tersebut digelar Senin (12/8/2019). Disaksikan Rektor ISI Padangpanjang, Prof Novesar Jamarun beserta jajaran petinggi kampus lainnya, suguhan berlangsung dalam durasi sekitar 45 menit.

Kepada para penampil yang akan berada di Thailand hingga 19 Agustus 2019 mendatang, berharap agar dapat menjaga nama baik ISI Padang Panjang.

"Selama ini setiap kita mengirim pertunjukan ke luar negeri selalu mendapat apresiasi yang positif. Saya harapkan demikian juga halnya dengna karya ini," sebutnya.

Baca juga: Peringatan Perang Mangopoh, Wakil Bupati: Siti Mangopoh Layak jadi Pahlawan Nasional

Dia mengingatkan, keberangkatan kali ini merupakan hibah dari kementrian, sehingga harus benar-benar tampil dengan maksimal.

"Saya juga meminta agar nantinya kepada panitia acara ditekankan untuk menyampaikan perihal ISI Padangpanjang secara rutin. Sehingga nama kita semakin terdengar di luar negeri," sebutnya.

Promosi perguruan tinggi di luar negeri seperti ini, tujuannya untuk menarik perhatian berbagai perguruan tinggi yang ada di negara yang menjadi destinasi, sehingga ke depan diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan ISI Padangpanjang.

Karya Tari Siti Manggopoh sendiri, merupakan karya yang sudah digarap sejak 3 tahun lalu. Yang di bawa ke Thailand adalah bagian ke-3 sebagai pengembangan dari 2 bagian sebelumnya.

Baca juga: Kisah Perlawanan Siti Mangopoh Terhadap Belanda Bukanlah Mitos, Sejarawan: Dokumentasinya Banyak

Rasmida menjelaskan, karya drama tari Siti Manggopoh, Lengking Dendang dalam pekat Part #3 (judul lengkap pertunjukan yang dibawa-red) terinspirasi dari sejarah tentang perjuangan Siti Manggopoh, sebagai salah satu pejuang perempuan dari ranah Minang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: