Mahasiswa Ilmu Administrasi Pelajari Konsep Nagari ke ISI Padangpanjang

Minggu, 05 Mei 2019, 12:26 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Mahasiswa Ilmu Administrasi Pelajari Konsep Nagari ke ISI Padangpanjang
Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning, Riau melakukan study banding sembari menggelar seminar dan lokakarya tentang pemerintahan desa dan nagari, Kamis (2/5/2019). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Hal ini karena para wali nagari atau kepala desa itu, malah merasa sebagai raja kecil ketika ia terpilih. Sehingga motivasinya untuk merangkul semua unsur tidak kuat," katanya.

Hal ini setidaknya tampak pada pelaksanaan musrenbang yang tidak berhasil menjadi wadah untuk menyerap aspirasi dari tingkat bawah. "Musrenbang hanya jadi formalitas saja. Bapeda hanya merangkum saja, tapi tidak ada realisasinya," urai Aguswan

Sedianya, kata Aguswan, suara dari bawah bertemu dengan visi dan misi pemimpin. Tetapi hal ini sulit sekali diwujudkan. Penyebab dasarnya, kata Aguswan, terletak pada pola komunikasi yang tidak terbangun dengan baik.

Baca juga: Bank Nagari dan PT Semen Padang Tandatangani Nota Kesepahaman, Ini Harapan Gubernur Sumbar

"Hal ini semakin menyulitkan pengembangan potensi nagari yang pada dasarnya membutuhkan partisipasi semua pihak yang ada di nagari," katanya.

Terpisah, Rektor ISI Padangpanjang, Prof Novesar Jamarun berharap, kegiatan bersama yang digelar ini dapat memberi dampak positif bagi kedua belah pihak di masa depan.

"Di satu sisi, ISI Padangpanjang memiliki SDM yang berkonsentrasi dengan seni dan budaya. Sementara, Fakultas Administrasi Unviersitas Lancang Kuning, tentu punya SDM yang berkecakapan terkait tata kelola atau manajerial," urai dia.

"Apabila keilmuan keduanya saling bersinergi, maka akan terwujud berbagai kerja bersama yang baik untuk pembangunan ditengah masyarakat," katanya.

Selain lokakarya dan seminar, kerjasama antar perguruan tinggi dapat terwujud lewat program pengabdian masyarakat dan penelitian.

"Kita sangat terbuka bagi berbagai tawaran kerjasama dari perguruan tinggi lain di luar ISI Padangpanjang. Sejauh itu sesuai dengan aturan yang berlaku, insyaallah kita akan selalu support," sebutnya. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024