UKS Miliki Manfaat Besar di Lingkungan Sekolah

Selasa, 05 Maret 2019, 18:34 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
UKS Miliki Manfaat Besar di Lingkungan Sekolah
Kabag Kesra, Jamilus memasangkan baju dokter kecil pada perwakilan siswa yang mengikuti kegiatan penguatan UKS/M bagi dokter kecil dan kader kesehatan remaja UKS se-Kota Padang, Senin (4/3/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Masih banyak sekolah keliru dalam mencerna Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M). Mereka menganggap UKS hanya sebagai syarat dalam berdirinya sebuah proses pendidikan atau mungkin hanya sebagai tempat yang dianggap tidak penting, ketinggalan zaman, kuno dan sebagainya.

"Ada juga beberapa sekolah yang memiliki UKS/M yang berjalan dengan baik, tetapi banyak juga sekolah yang tidak melaksanakannya atau hanya sekadar formalitas belaka," ungkap Kabag Kesra, Jamilus saat membuka kegiatan penguatan UKS/M bagi dokter kecil dan kader kesehatan remaja UKS se-Kota Padang, Senin (4/3/2019).

Dikatakan Jamilus, UKS/M bagaikan sesuatu yang kecil, namun memiliki manfaat yang besar. "Walaupun UKS/M adalah suatu wadah yang sangat lah sederhana, UKS/M bisa menolong meningkatkan kesehatan warga sekolah di lingkungan sekolah," terang Jamilus.

Jamilus menyebutkan, siswa yang ditunjuk sebagai Tim pelaksana UKS di sekolah perlu terus ditingkatkan kreativitas dan kerja kerasnya secara terus menerus, sehingga tercipta siswa yang sehat, sekolah yang berkualitas serta diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Melalui penguatan Tim pelaksana UKS/M ini, kita mantapkan pelaksanaan program UKS/M di masa mendatang, sehingga tercipta siswa/siswi yang sehat dan sekolah yang berkualitas di Kota Padang," harap Jamilus.

Sementara itu, panitia pelaksana kegiatan, Agustina menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada anak didik pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan kader-kader UKS sebagai penggerak hidup sehat dan mewujudkan generasi yang mempunyai daya tangkal terhadap pengaruh perilaku dan budaya buruk di lingkungan sekitarnya.

Kegiatan penguatan Tim pelaksana UKS Tahun 2019 ini dilaksanakan selama 2 hari, dari 4-5 Maret 2019. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari utusan dokter kecil dan kader kesehatan remaja dari beberapa sekolah yang ada di Kota Padang. Utusan dokcil dari tingkat jenjang pendidikan SD, utusan kader kesehatan remaja dari SMP dan SMA.

Sedangkan nara sumber kegiatan penguatan Tim pelaksana UKS tahun 1440 H/ 2019 M antara lain Kadis Pendidikan Provinsi Sumbar, Kabag Kesra Kota Padang, Ruandu Foundation LSM yang bergerak di bidang perlindungan anak serta tim fasilitator out bound.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

"Mudah-mudahan, kegiatan ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan bermanfaat bagi pengembangan kesehatan sehari-hari, baik dirumah, di sekolah maupun di masyarakat," tutur Agustina yang juga Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan di Bagian Kesra. (rls/vry)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: