38 Persen Masyarakat Sumbar Perokok, Wagub: Sumbar Rangking III Nasional

Rabu, 30 Januari 2019, 09:18 WIB | News | Kota Solok
38 Persen Masyarakat Sumbar Perokok, Wagub: Sumbar Rangking III Nasional
Wagub Sumbar, Nasrul Abit foto bersama dengan jajaran kesehatan se-Sumbar, usai membuka Rakor Kesehatan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, di ruang rapat Bappeda Kota Solok, Rabu (30/1/2019). (humas)

Nasrul Abit menyampaikan, rendahnya pencapaian imunisasi untuk mencegah Measless Rubella (MR) di Sumbar masih menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat.

"Kita tetap menegaskan bahwa imunisasi untuk mencegah MR tetap dilanjutkan, namun tidak ada paksaan bagi orang tua untuk melakukan imunisasi. Menurut MUI, secara Islam hukumnya mubah, namun dibolehkan karena alasan sebab kedaruratan," ujarnya.

Sekda Kota Solok juga menyampaikan, Rakor Pembangunan Kesehatan ini baru yang pertama diadakan di Sumbar, dan ditempatkan di Kota Solok. Ini adalah perubahan yang sangat bagus untuk menyosialisasikan kegiatan kesehatan ini.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

"Kita sependapat dengan saran dari wakil gubernur, agar setiap Rakor dapat diadakan bergiliran disetiap daerah. Yang pada intinya ini bagian dari kebersamaan memajukan pelayanan kesehatan masyarakat di Sumatera Barat," ujarnya.

Sekda Solok mengatakan, program Germas harus dilaksanakan oleh semua stakeholder terkait. Ini adalah program nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, dalam meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah.

"Menurunnya produktivitas masyarakat dan menurunnya daya saing, pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat kita," terangnya. (rls/kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: