Geopark Solok Selatan Terunik di Dunia, Ini Alasannya

Jumat, 23 November 2018, 22:50 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Geopark Solok Selatan Terunik di Dunia, Ini Alasannya
Tim Geopark Ranah Minang bersama Pemkab Solok Selatan saat pembahasan di aula kantor bupati, beberapa waktu lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Tim Geopark Ranah Minang melakukan Focus Group Discussion (FGD) percepat pembentukan Geopark Solok Selatan untuk menjadi geopark nasional dengan unsur Pemda Solok Selatan, Wali Nagari, di aula Tansi Ampek kantor Bupati setempat, Kamis (22/11/2018).

Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi mengatakan, saat ini geopark Solok Selatan telah menjadi geopark lokal yang telah disahkan SK Bupati Solok Selatan, untuk menjadi geopark nasional. Maka Pemkab Solok Selatan dengan seluruh elemen harus satu visi untuk mendukung pembentukan tersebut.

"Pemerintah daerah tidak bisa berbuat sendiri tanpa adanya bantuan dan dukungan masyarakat," ungkapnya.

Ia mengatakan, dengan jadinya geopark nasional maka akan membawa dampak positif untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, disamping infrastruktur pendukung lainnya juga akan dibangun.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Ketua Tim Geopark Ranah Minang, Novizar, menargetkan dokumen tentang Geopark Solok Selatan harus sudah selesai sampai Januari 2019.

Ia mengatakan, Goa Batu Kapal sebagai central Geopark Solok Selatan bisa melejit dan dikenal masyarakat luas karena promosi yang bagus. Namun, ia menyayangkan banyaknya coretan di dinding-dinding goa yang bisa membuat nilai goa tersebut jadi turun.

"Kalau bisa dikasi nilai dari 0-100, maka Goa Batu Kapal dengan segala keindahan dan kemegahannya tersebut hanya mendapat nilai 60, karena banyaknya coretan di dinding goa," tuturnya.

Hal itu berbanding terbalik dengan goa yang ada di Nagari Ranah Pantai Cermin. Di situ, lanjutnya, ia sangat kagum karena objeknya terhindar dari fandalisme.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

"Oleh kita mungkin itu biasa saja, tapi di mata orang luar itu sangat sensitif sekali," ungkapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024