Geopark Solok Selatan Terunik di Dunia, Ini Alasannya

Jumat, 23 November 2018, 22:50 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Geopark Solok Selatan Terunik di Dunia, Ini Alasannya
Tim Geopark Ranah Minang bersama Pemkab Solok Selatan saat pembahasan di aula kantor bupati, beberapa waktu lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Ia menambahkan geopark sejatinya adalah bagaimana menjaga dan melindungi alam. Untuk, mewujudkan geopark, maka masyarakat harus ikut serta untuk menjaga alam sehingga tidak ada fandalisme.

Anggota Tim Percepatan Geopark Ranah Minang, Reza menambahkan, saat ini di Indonesia ada 4 Unesco Global Geopark sebagai penguat daya saing pariwisata Indonesia di dunia. Dengan adanya Unesco Global Geopark tersebut, maka dengan sendirinya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia.

Ia mengatakan, dari pendataan yang dilakukannya maka terdapat 25 situs geologi yang akan menjadi satu kesatuan menjadi Geopark Solok Selatan, ditambah dengan 20 situs non geologi.

Baca juga: Bupati Solsel Kumpulkan Pemuka Nagari Koto Baru Bahas Revitalisasi Kawasan SRG

Timnya juga membuat tema Geopark Solok Selatan dengan nama "Fenomena Besar Vulkanik-Tektonik dan Puncak Gunung Api Tertinggi di Asia Tenggara".

"Untuk membuat penamaan, kita harus membuat sesuatu yang beda dari yang lain, dan menjadi daya tarik orang untuk melihat, maka kami mengusulkan nama ini," jelasnya.

Sementara itu, anggota Tim Percepatan Geopark Ranah Minang, Nofrin Napilus menambahkan, geopark intinya dimulai dari aspek geologi, sedangkan yang ada di Solok Selatan seperti Goa Batu Kapal, Gunung Kerinci, panas bumi, air panas semua merupakan aspek geologi.

"Sekarang oleh Unesco aspek tersebut yang dijual dan dijadikan ikon pariwisata, karena menarik, bukan wisata yang umum dan biasa-biasa saja," ungkapnya.

Yang menarik di Solok Selatan, katanya, biasanya batu kapur hanya bisa terjadi di sepanjang pantai pada kedalaman 3 sampai 15 meter, namun sekarang batu kapur tersebut ada di daratan yang jauh dari pantai, maka butuh berapa juta tahun prosesnya. Itulah yang dijual dan dikagumi masyarakat dunia bisa dapat ke Solok Selatan. (rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024