Solsel Ajukan 300 Formasi CPNS ke Kemenpan RB, Ini Rinciannya

Rabu, 12 September 2018, 17:45 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Ajukan 300 Formasi CPNS ke Kemenpan RB, Ini Rinciannya
Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solsel, Erwin Ali. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemkab Solok Selatan (Solsel) akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Proporsi formasi CPNS tahun ini, akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Hal ini guna mendukung pembangunan di Solsel sebagai daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

"Akan kami buka, tapi formasinya belum turun. Berkemungkinan satu atau dua pekan lagi akan ketetapan formasi ini diterima. Sesuai kebutuhan, kita ajukan 300 formasi," kata Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solsel, Erwin Ali.

CPNS yang diajukan Pemkab Solsel paling banyak di bidang teknis penunjang infrastruktur, bidang pendidikan dan teknis lainnya. Penerimaan CPNS itu sudah disetujui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Namun soal jumlahnya, masih menunggu ketetapan Kemenpan RB.

Kabid Perencanaan dan Pembinaan Aparatur (PPA) BKPSDM Solsel, Admi Zulkhairi menjelaskan, sesuai 300 formasi yang diajukan sebanyak 104 formasi untuk bidang teknis penunjang infrastruktur, 62 untuk tenaga guru dan sisanya untuk teknis lainnya. Sementara untuk pendaftaran CPNS direncanakan awalnya akan dibuka September ini.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

"Pendaftaran akan dilakukan serentak secara online melalui portal sscn.bkn.go.id. Namun, ada lima kabupaten/kota di Sumbar termasuk Solsel salah satunya belum ada menerima ketetapan jumlah formasi yang disetujui. Jika sudah, maka akan segera kita umumkan pembukaannya," katanya.

Diterangkannya, bila pendaftaran sudah dibuka maka calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan. Tidak ada prioritas pelamar atau dibuka untuk umum.

"Semula, kita memang berharap agar pelamar diprioritaskan untuk putra daerah, namun itu tidak bisa. Artinya, mereka yang akan melamar nanti bisa berasal dari mana saja," jelasnya. (rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024