PLUT Pertama di Sumbar Ada di Limapuluh Kota

Sabtu, 01 September 2018, 17:35 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
PLUT Pertama di Sumbar Ada di Limapuluh Kota
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi melepas peserta jalan santai memeriahkan peresmian PLUT dan HUT Koperasi 2018, Kamis (30/8/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kabupaten Limapuluh Kota, merupakan daerah yang sangat antusias dalam pengembangan koperasi. Tak heran daerah ini menjadi daerah satu-satunya yang kebagian alokasi pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri mengatakan hal itu, dalam sambutannya pada acara peresmian PLUT sekaligus peringatan Hari Koperasi 2018 di Kabupaten Limapuluh, Kamis (30/8/2018).

"Hingga kini, PLUT di Sumatera Barat, baru ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Daerah ini wajar kebagian PLUT lebih awal, karena memang Kabupaten Limapuluh Kota antusias mengembangkan koperasi," aku Zirma.

Dikatakan, indikator keseriusan daerah yang dipimpin Bupati H Irfendi Arbi itu membangun koperasi, antara lain terlihat dari tingginya pertumbuhan berbagai koperasi termasuk koperasi unit desa/nagari di daerah ini. Selain itu, pengembalian dana bergulir yang disalurkan di kabupaten ini juga besar.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Pertumbuhan koperasi dan pengembalian dana bergulir di Kabupaten Limapuluh Kota sangat besar dan patut diaresiasi. Ini tentu tidak terlepas dari kegigihan bupati, dinas koperasi dan berbagai pihak terkait lainnya," ujar Zirma.

Sementara, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam arahannya mengakui, koperasi memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian nasional. Bahkan, saat ini sudah banyak koperasi yang maju dan mampu memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya.

"Selama ini koperasi cukup mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat dan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Limapuluh Kota. Namun tidak dipungkiri, di samping yang maju juga masih ada belum berhasil. Ini ntentu menjadi tantangan bagi kita untuk membuat strategi buat memajukan seluruh koperasi tersebut," ungkap Irfendi.

Irfendi Arbi berharap, semua pihak menyokong upaya pengelolaan koperasi secara baik dan benar untuk terwujudnya koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri di daerah ini.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

"Mari kita sokong pengembangan koperasi di daerah ini dengan berbagai upaya seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan produksi, pemasaran dan permodalan koperasi tersebut," ajak Irfendi Arbi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: