Menristekdikti Sambut Baik Wacana Perubahan Nama Politeknik Pertanian Payakumbuh

Kamis, 16 Agustus 2018, 19:34 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Menristekdikti Sambut Baik Wacana Perubahan Nama Politeknik Pertanian Payakumbuh
Menristek Dikti, Mohamad Nasir foto bersama dengan Direktur Pokiteknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Ferizal Ridwan (Wabup Limapuluh Kota) usai pelantikan yang digelar di auditorium gedung Kemenristekdikti, di Jakarta Selasa (14/8/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengusulkan perubahan nama Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, menjadi Politeknik Pertanian Negeri dengan mengusung nama dari pahlawan pendiri bangsa yang berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota.

Hal ini langsung disampaikan Ferizal kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir sesaat setelah upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur Pokiteknik Pertanian Negeri Payakumbuh, yang semula dijabat Hj Gusmalini, digantikan Elvin Hasman untuk masa jabatan 2018- 2022. Pelantikan ini diselenggarakan di auditorium gedung Kemenristekdikti, di Jakarta Selasa (14/8/2018).

"Untuk mewujudkan hal ini tentu harus ada dorongan dari institusi itu sendiri, seperti senat. Disampaing itu, dari luar institusi tentu juga harus ada dorongan dari masyarakat atau organisasi sosial kemasyarakatan, maupun lembaga-lembaga terkait, termasik pemerintah daerah," ungkap Ferizal.

Ferizal menerangkan, perubahan nama ini merupakan dalam konteks bela negara, serta bagaimana menghargai jasa dari para pahlawan. Karena tiga diantara pendiri bangsa berasal dari Sumatera Barat dan dua diantaranya berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Tentu hal ini merupakan sebagai rasa terimakasih kita terhadap mereka yang menyumbangkan pemikiran dan perjungan. Karena tiga di antara pendiri bangsa berasal dari Sumatera Barat. Dua di antaranya berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota, yaitu Tan Malaka dan Muhammad Hatta," terangnya.

"Untuk itu, tidak ada salahnya kita merubah nama Poiteknik Pertanian Negeri Payakumbuh menjadi nama pahlawan yang ada di Republik ini. Sebagai contoh, seperti Politeknik Pertanian Negeri Tan Malaka, Politeknik Pertanian Negeri Bela Negara atau Politeknik Pertanian Negeri PDRI," tambahnya.

Sementara, Mohamad Nasir mengatakan, menyambut baik usulan tersebut, dan akan didiskusikan lebih lanjut untuk menghitung segi manfaatnya dan sebesar apa keuntungan dari pergantian nama tersebut. Namun demikian, perguruan tinggi negeri yang ada dibawah naungan Kemenristekdikti juga sudah ada sebelumnya yang pernah melakukan pergantian nama.

"Tentu hal ini merupakan suatu kebanggaan dan juga merupakan kearifan lokal, walaupun demikian, ini akan kita diskusikan lebih lanjut untuk menghitung dari segi manfaatnya, dan Ini bukan hal yang baru di Kemenristekdikti," ucap Mohamad Nasir saat diskusi santai sesaat setelah pelantikan.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sementara itu, Direktur Pokiteknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang baru dilantik, Elvin Hasman saat diwawancarai mengatakan, akan berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan reputasi kampus, serta meningkatkan semua sumber daya yang ada di dalamnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024