Kesadaran Hidup Sehat Harus Ditumbuhkan

Senin, 30 Juli 2018, 12:23 WIB | News | Kota Padang
Kesadaran Hidup Sehat Harus Ditumbuhkan
Wako Padang, Mahyeldi bersama Kadispora Sumbar Adib Alfikri, Deputi Direksi Wilayah Kepwil BPJS Kesehatan Sumbagteng dan Jambi, Siswandi dan masyarakat, foto bersama usai mengikuti senam kolosal rangkaian peringatan HUT ke-50 BPJS di halaman kantor gubern
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi menyebut dengan jaminan kesehatan warga diharapkan termotivasi untuk merealisasikan Gerakan Masyarakat Sehat.

"Senam bisa menjadi momentum untuk memotivasi masyarakat mencintai hidup sehat," ujar Mahyeldi pada kegiatan senam kolosal rangkaian peringatan HUT ke-50 BPJS di halaman kantor gubernur Sumatera Barat, Ahad (29/7/2018).

Ia mengatakan, menjaga kesehatan jauh lebih penting daripada mengobati setelah mendapatkan penyakit. Dengan menumbuhkan kesadaran hidup sehat itu, warga akan selalu termotivasi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya. "Dimulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan," tukas Mahyeldi.

Sementara, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang juga hadir dikesempatan tersebut mengatakan, telah lebih dari empat tahun program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berjalan.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial ke Pengurus JMSI Sumbar

Seiring dengan itu, trend pelayanan pembiayaan kesehatan terus meningkat secara nasional, begitupun di Provinsi Sumatra Barat meningkat empat kali lipat pada 2017 dibanding tahun sebelumnya.

"Trend pelayanan kesehatan di Sumbar meningkat karena masyarakat merasakan manfaat BPJS. Beban pembiayaan bukan lagi hal yang merisaukan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Irwan.

Deputi Direksi Wilayah Kepwil BPJS Kesehatan Sumbagteng dan Jambi, Siswandi mengungkapkan realisasi pembiayaan kesehatan Program JKN-KIS empat tahun terakhir secara nasional telah mencapai kurang lebih Rp250 triliun.

Peningkatan trend pelayanan kesehatan telah mencapai 200 persen. Sedangkan trend peningkatan pembiayaan kesehatan di Sumatera Barat mencapai lebih dari empat kali lipat.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

"Trend pelayanan kesehatan di Sumbar juga meningkat empat kali lipat pada 2017 dibanding tahun sebelumnya. Dari realisasi pembiayaan sebesar 500 milyar pada 2014 menjadi Rp2,2 triliun di 2017," kata Siswandi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: