Alek Bakajang Meriah, Irfendi: Tradisi Silaturahmi Ala 4 Suku di Pangkalan Koto Baru

Senin, 25 Juni 2018, 15:25 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Alek Bakajang Meriah, Irfendi: Tradisi Silaturahmi Ala 4 Suku di Pangkalan Koto Baru
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menaiki sampan hias pada perayaan puncak tradisi adat dan budaya warga Pangkalan Koto Baru, setiap menyambut lebaran Idul Fitri, Bakajang di aliran Batang Mahek, kemarin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Pada tahun ini, sama seperti tahun sebelumnya, pengunjung terlihat memadati Alek Bakajang. Kegiatan ini dilaksanakn selama lima hari, Selasa-Sabtu (19-23/6). Tampak hadir, para perantau dan pengunjung dari luar daerah, niniak-mamak, alim ulama, cadiak-pandai, bundo-kanduang hingga pemuda parik paga nagari serta bupati Limapuluh Kota, Irfendi arbi, anggota DPRD setempat, Kepala-kepala OPD Limapuluh Kota.

"Alek Bakajang yang merupakan ikon seni budaya di Limapuluh Kota ini akan terus kita kembangkan, sebagai tanda mempererat persatuan dan kesatuan antar sesama warga," ujar Irfendi usai berkesempatan menaiki Kajang/perahu di Aliran Batang Maek, di Nagari Gunuang Malintang.

Sebagai alek tahunan yang sudah digelar sejak ratusan lalu, Bakajang harus tetap kita lestarikan kepada generasi selanjutnya, untuk itu dirinya meminta agar kegiatan ini selalu digelar semeriah mungkin.

Baca juga: Semangat Kepahlawanan harus Tetap Menyala

"Tradisi di Gunuang Malintang ini harus terus kita jaga, kalau perlu untuk tahun-tahun berikutnya akan kita gelar lebih meriah lagi. Karena, Bakajang akan menjadi magnet wisata, hal ini terbukti dengan ramainya masyarakat yang hadir untuk melihat kreasi pemuda di nagari ini dalam menghias perahu," pungkas Irfendi. (rls/kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: