516 Calon Dokter Unbrah Gelar USR di Guguak

Minggu, 08 April 2018, 20:48 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
516 Calon Dokter Unbrah Gelar USR di Guguak
Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi berbagi cenderamata dengan Rektor Unbrah Prof DR Ir Musliar Kasim MS pada acara penyambutan 516 calon dokter dan dokter peserta USR Unbrah di Kenagarian Guguak VIII Koto, Kamis kemarin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 516 orang calon dokter Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang melaksanakan University Social Responsibility (USR) di Kenagarian Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak, Kamis sampai Minggu (5-8/4/2018). Selain mahasiswa, bakti sosial perguruan tinggi itu juga mendatangkan sekitar 50 orang dokter spesialis dan umum untuk melakukan pelayanan kesehatan gratis.

Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi berterimasih ke civitas akademika Unbrah yang telah memilih daerah yang dipimpinnya sebagai lokasi USR tersebut. Ia berharap, kerjasama ini terus berlanjut dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan, pendidikan dan perekonomian masyarakat Limapuluh Kota.

"Saya benar-benar gembira dan memberikan penghargaan yang tinggi terhadap Unbrah. Sebab, kegiatan sosial kemanusiaan untuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Unbrah betul-betul akan memberikan dampak positif bagi masyarakat," ungkap Irfendi ketika menyambut kedatangan rombongan USR Umbrah yang dimpimpin langsung Rektor Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Prof DR Ir Musliar Kasim MS di lapangan parkir Pasar Dangung-Dangung, Kamis lalu.

Irfendi yakin, para mahasiswa peserta kegiatan USR ini akan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Bentuknya antara lain memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga: Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ini Harapan Gubernur ke Alumni Fakultas Kedokteran Unbrah

"Dengan kehadiran para calon dokter dan para dokter tersebut, kita berharap para anak-anak di nagari ini lebih termotivasi meraih mimpi untuk sekolah tinggi, menjadi dokter dan mewujudkan cita-cita lainnya. Kita butuh peran serta berbagai pihak termasuk sentuhan mahasiswa Unbrah dalam mewujudkan pembangunan di daerah ini," tutur Irfendi.

Sementara, Prof Musliar Kasim dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut dilakukan antara lain untuk menumbuhkembangkan rasa'kepedulian dan empati mahasiswa terhadap masyarakat. Selain itu juga buat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal nagari dan masyarakat di nagari.

"Dengan adanya kegiatan USR ini kita berharap mahasiswa lebih mengenal dan peduli dengan masyarakat. Disamping itu juga berharap agar mahasiswa yang umumnya berasal dari luar Sumatera Barat tersebut bisa menjadi agen yang akan mempromosikan dan memviral potensi seperti pariwisata di daerah ini ke dunia maya dan daerah asal mereka masing-masing," ujar Musliar.

Menurut mantan Wakil Menteri Pendidikan RI itu, pihaknya sengaja memilih lokasi di Kabupaten Limapuluh Kota karena masyarakat di daerah ini mudah menerima perobahan dan wel come terhadap tamu.

Baca juga: USR V Unbrah Sediakan Layanan Kesehatan Gratis dengan Dokter Spesialis

"Kami sengaja memilih Kabupaten Limapuluh Kota sebagai lokasi USR tahun 2018 karena masyarakat Limapuluh Kota dikenal sangat wellcome dengan tamu. Selain itu Bupati Irfendi Arbi juga sangat respon dan antusias menerima kami," ujar Musliar di hadapan seribuan peserta USR dan masyarakat yang memadati lokasi acara penyambutan peserta USR tersebut.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: