Universitas Baiturrahmah Gelar USR di Nagari Guguak VIII Koto

Minggu, 07 Januari 2018, 17:28 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Universitas Baiturrahmah Gelar USR di Nagari Guguak VIII Koto
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi foto bersama dengan Rektor Baiturrahmah, Prof Musliar Kasim dan jajarannya serta sejumlah kepala OPD serta wali nagari dan Ketua Bamus Kenagarian Guguak VIII Koto, Jumat (5/1/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kabupaten Limapuluh Kota bakal dipadati ratusan calon dokter, dosen dan dokter spesialis serta sejumlah mahasiswa internasional. Para intelektual itu berada di daerah ini dalam rangka pelaksanaan University Social Responsibility (USR) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang.

"Sesuai rencana, USR Universitas Baiturrahmah ini akan dilaksanakan di Kenagarian Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota pada April 2018," ungkap Rektor Baiturrahmah, Prof Musliar Kasim usai berdialo dengan Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi dan sejumlah kepala OPD serta wali nagari dan Ketua Bamus Kenagarian Guguak VIII Koto, Jumat (5/1/2017).

Dikatakan, kegiatan sosial kemanusiaan untuk pengabdian kepada masyarakat itu direncanakan mulai 19-22 April 2018. Kegiatan itu akan diikuti 500 mahasiwa kedokteran, 8 dokter spesialis dan puluhan dosen dan mahasiswa internasional seperti dari Negara Malaysia.

Kegiatan bhaksi sosial ini dilakukan antara lain untuk menumbuhkembangkan rasa'kepedulian dan empati mahasiswa terhadap masyarakat. Selain itu juga buat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal nagari dan masyarakatnya.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Dari kegiatan USR ini, kita berharap mahasiswa mengenal dan peduli dengan masyarakat. Di samping itu, juga berharap agar mahasiswa yang umumnya berasal dari luar Sumatera Barat ini bisa menjadi agen yang mempromosikan potensi di lokasi USR seperti pariwisata ke kempung mereka masing-masing," papar Musliar.

Menurut mantan Wakil Menteri Pendidikan RI itu, dalam kegiatan USR ini para mahasiswa benar-benar diharapkan memberikan kontribusi positif ke tengah masyarakat yang antara lain dengan cara memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat.

Ia optimistis, kegiatan ini akan sukses di Kabupaten Limapuluh Kota karena masyarakatnya mudah menerima perobahan dan wellcome terhadap tamu. "Kami sengaja memilih Kabupaten Limapuluh Kota sebagai lokasi USR Universitas Baiturrahmah, karena masyarakatnya betul-betul wellcome dengan tamu. Selain itu, bupatinya juga respon dan antusias menerima kami," aku Musliar menjawab wartawan.

Tak kalah pentingnya, lanjut Musliar, para mahasiswa peserta USR ini juga ditugaskan memberikan motivasi kepada anak-anak di nagari untuk bisa meraih mimpi jadi dokter dan cita-cita lainnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sebelumnya, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah memilih daerah ini sebagai lokasi USR mahasiswa Universitas Baiturrahmah. Ia mengakui masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, butuh peran serta berbagai pihak termasuk sentuhan mahasiswa Universitas Baiturrahmah dalam hal masalah kesehatan dan pendidikan masyarakat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: