Pemilihan Serentak 2018 Tingkat Padang Diluncurkan: KPU Hadir Melayani Pemilih, Wahyu: Jangan Segan Sampaikan Kritik

Jumat, 29 September 2017, 19:20 WIB | News | Kota Padang
Pemilihan Serentak 2018 Tingkat Padang Diluncurkan: KPU Hadir Melayani Pemilih, Wahyu:...
Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan didampingi Amnasmen (Ketua KPU Sumbar), M Sawati (Ketua KPU Padang) dan Emzalmi (Wawako Padang), memukul tambua tansa tanda diluncurkannya tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota Padang pada pemilihan serentak 2018,
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan berharap, sejarah pemilihan yang berlangsung aman dan damai di Sumbar, bisa terus bertahan seiring perjalanan demokrasi bangsa ini. Selain itu, Wahyu meminta seluruh elemen masyarakat, tidak segan-segan menyampaikan kritik, protes dan saran ke KPU.

"Biaya pesta demokrasi yang dilaksanakan KPU, berasal dari uang rakyat. Besar harapan kami pada seluruh pihak, untuk tidak segan-segan mengkritik kinerja KPU, bila terlihat ada yang tidak pada tempatnya. KPU sifatnya melayani pemilih dengan baik," tukas Wahyu Setiawan di Padang, Jumat (29/9/2017).

Wahyu ke Padang dalam rangka meluncurkan secara resmi pemilihan walikota dan wakil walikota Padang pada pemilihan serentak 2018. Peluncuran dilangsungkan di kantor KPU Padang, Jl Syeikh Umar Khalil, Kecamatan Kuranji, Padang. Selain peluncuran tahapan pemilihan, Wahyu juga meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Padang.

Dikatakan Wahyu, selain di Padang, ada 171 daerah lain di Indonesia, yang mengadakan pemilihan kepala daerah secara serentak yang pencoblosannya akan dilaksanakan 27 Juni 2018. "Kota Padang tidak sendirian melaksanakan Pilkada 2018. Secara nasional, sekitar 60 persen pemilih secara nasional akan ikut dalam pilkada 2018 nanti," ungkap Wahyu.

Baca juga: Potret Calon Bupati Dharmasraya dalam Sentuhan Seniman Digital

Selain itu, Wahyu juga mengucapkan terima kasih ke KPU Padang, yang telah menghadirkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di ibu kota provinsi Sumbar ini. "RPP di Padang ini adalah yang ke-325 di Indonesia. Ini memang program dari KPU RI, untuk meningkatkan pelayan terhadap masyarakat demi meningkatkan partisipasi politik," jelas Wahyu

Selain Wahyu, juga hadir pada peluncuran itu Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen dan dua orang anggota, Vifner dan Alni serta Amnasmen (ketua KPU Sumbar) dan jajaran, Wahyu Setiawan, perwakilan Bawaslu RI, Kejaksaan Tinggi Sumbar, perwakilan KPU kota/kabupaten se-Sumbar, Legiun Veteran Kota Padang. Turut hadir para ketua beserta sekretaris Partai Politik se-Kota Padang.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Padang, M Sawati mengatakan, peluncuran ini adalah tahapan awal untuk menyukseskan proses panjang kegiatan pemilihan serentak 2018 ini. "Kami sebenarnya lemah kalau dibiarkan bekerja sendiri. Namun, kami kuat kalau masyarakat juga ikut berpartisipasi aktif dalam proses panjang pilkada ini," jelasnya.

Keberadaan RPP, terang Sawati, merupakan tempat berbagi informasi tentang tahapan Pilkada, Pileg maupun Pilpres. "RPP ini terbuka untuk umum. Silahkan datang untuk saling berbagi informasi serta belajar bersama," ujarnya.

Baca juga: PILKADA 2024: DPC PPP Pessel Gelar Konsolidasi untuk Menangkan Pasangan Hendrajoni-Risnaldi

Sementara, Wakil Walikota Padang, Emzalmi mengatakan, menyukseskan Pilkada adalah tanggung jawab bersama demi hadirnya pilkada yang jujur, adil dan bermartabat. "Mudah-mudahan pilkada tahun depan lebih sukses dari pada pilkada lima tahun lalu," harap Emzalmi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: