Jorong Kampung Baru jadi Kampung KB Limapuluh Kota

Kamis, 18 Mei 2017, 09:54 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Jorong Kampung Baru jadi Kampung KB Limapuluh Kota
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyerahkan plakat pada walinagari Anding, sebagai tanda bahwa Jorong Kampung Baru, telah dicanangkan sebagai kampung KB, Rabu (17/5/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluaraga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A), Yenni Elvi mencanangkan kampung Keluarga Berencana (KB), di Jorong Kampung Baru, Kenagarian Anding, Kecamatan Suliki, Rabu (17/5/2017).

Dalam sambutannya, Irfendi Arbi mengatakan, program perencanaan Keluarga Berencana ini perlu dilakukan di Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, selama ini pencanangan kampung KB ini sudah terlaksana dengan baik di kabupaten itu.

"Krogram kampung KB di daerah kita telah berjalan dengan baik. Program dua anak cukup yang menjadi target terbukti sudah berjalan, mayoritas didaerah kita satu pasangan keluarga hanya memiliki dua orang anak," sebut Irfendi.

Dijelaskan, masyarakat juga harus memahami program dari Kampung KB ini, kerena Kampung KB tidak semata sekedar perencanaan memiliki keturunan saja, jauh dari itu Keluarga Berencana juga merupakan program untuk generasi-generasi berencana.

Baca juga: Kelurahan Kampung Lapai Bentuk Kampung KB Mantap

"Banyak program-program Keluarga berencana yang mesti kita canangkan, termasuk perhatian kepada generasi muda, danprogram perencanaan dalam berkeluarga, seperti merencanakan pendidikan, karir, pernikahan, dan merencanakan memiliki keturunan," jelas dia.

Dia juga meminta masyarakat, benar-benar berniat dan melakukan sungguh agar program ini benar-benar dijalankan di setiap nagari yang ada. "Saya imbau seluruh yang hadir mengajak masyarakat lainnya, dalam mewujudkan program ini. Jika masyarakat bersatu saya yakin kabupaten Limapuluh Kota akan maju," sebut Irfendi.

Dikesempatan itu, Irfendi juga meminta agar masyarakat bergerak dan aktif dalam memerangi bahaya Narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba) terhadap generasi penerus dan lingkungannya. "Seperti kita ketahui, Narkoba sudah menjadi ancaman serius bagi Negara, dia ada dimana-mana. Untuk itu, marilah kita bersama-sama membrantas dan membasmi penyakit ini, demi menjaga generas-generasi kita,"sebut Irfendi.

Menjauhi hal-hal itu, menurutnya, perlu dilakukan perencanaan yang matang didalam keluarga salah satunya dengan program yang dicanangkan hari ini. "Marilah kita bersama-sama melakukan hal-hal yang positif mewujudkan program-program nawa cita pemerintah," ulangnya.

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

Selain itu, Irfendi juga meminta walinagari menjalankan anggarannya menyentuh masyarakat, apalagi anggaran dana nagari yang ditrerima saat ini sudah cukup banyak, sehingga permasalahan di nagari bisa langsung ditanganioleh nagarai. "Manfaatkan dana ini sebaik-baiknya, buatlah program-program yang menyentuh kepada masyarakat termasuk pembinaan terhadap perempuan dan anak," sebut Irfendi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: