Irfendi Harapkan Mahasiswa Politani Miliki Jiwa Wirausaha

Jumat, 24 Februari 2017, 17:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Harapkan Mahasiswa Politani Miliki Jiwa Wirausaha
Bupati Irfendi Arbi menerima cenderamata dari Direktur Politani, Gusmalini usai membuka Seminar Nasional Strategi dan Kiat Sukses Kewirausahaan Dalam Bidang Pertanian di Gedung Serba Guna Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh, Jumat (24/2/2017
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kewirausahaan penting dikembangkan dikalangan mahasiswa, agar para tamatan perguruan tinggi itu nantinya mampu membuka usaha sendiri. Sebab, lapangan kerja dewasa ini semakin sedikit.

Demikian dikatakan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika membuka Seminar Nasional Strategi dan Kiat Sukses Kewirausahaan Dalam Bidang Pertanian, di Gedung Serba Guna Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh, Jumat (24/2/2017).

"Jangan sampai tamatan perguruan tinggi itu tidak bisa apa-apa. Sebaliknya, harus memiliki jiwa berwirausaha. Salah satu cara menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan itu adalah seminar dengan menghadirkan para pakar dan praktisi kewirausahaan," ungkap Irfendi.

Dikatakan, selain mengikuti seminar-seminar, jiwa kewirausahaan juga dapat ditumbuhkan dengan pendidikan formal, pelatihan-pelatihan dan otodidak. Karena memiliki jiwa kewirausahaan, faktanya tidak sedikit orang yang sukses di bidang pertanian.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Kita berharap para tamatan Politani ini bisa menjadi wirausahawan yang sukses. Untuk sukses, kita harus mempunyai kompetensi, ilmu pengetahuan, keterampilan dan motivasi untuk melakukan wirausaha tersebut" tutur Irfendi.

Dikatakan Irfendi, Politani merupakan salahsatu perguruan tinggi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Buktinya, mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi ini tidak saja dari Pulau Sumatera dan Jawa, namun juga ada yang berasal dari Provinsi Papua.

Dia juga menyatakan, mendukung program Politani. Dengan adanya seminar kewirausahaan ini, mahasiswa diharapkan dapat mewujudkan kemampuan berwirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita berharap Politani terus melahirkan pebisnis, terutama di bidang pertanian. Kita mendukung kewirausahaan bagi mahasiwa tersebut," papar Irfendi.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sebelumnya, Direktur Politani, Gusmalini dalam paparannya mengatakan, Indonesia merupakan negara agraris yang berarti sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Pertanian merupakan sektor primer dalam perekonomian Indonesia, serta memiliki peran nyata sebagai penghasil devisa negara melalui ekspor.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: