Irfendi Harapkan Mahasiswa Politani Miliki Jiwa Wirausaha

Jumat, 24 Februari 2017, 17:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Harapkan Mahasiswa Politani Miliki Jiwa Wirausaha
Bupati Irfendi Arbi menerima cenderamata dari Direktur Politani, Gusmalini usai membuka Seminar Nasional Strategi dan Kiat Sukses Kewirausahaan Dalam Bidang Pertanian di Gedung Serba Guna Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh, Jumat (24/2/2017
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Namun, pembangunan sektor ini masih banyak mengalami permasalahan. Petani pada umumnya lebih fokus pada usaha di sektor on farm (budidaya), tapi lemah di sektor off farm (pemasaran dan pengolahan hasil pertanian).

"Di sinilah peran para wirausaha atau generasi muda kita di bidang pertanian untuk mengembangkan sektor off farm tanpa mengabaikan kualitas serta kuantitas di sektor on farm," papar Gusmalini.

Menurutnya, suatu bangsa akan maju bila memiliki jumlah entrepreneur (wirausahawan) minimal 2 persen dari jumlah penduduk. Saat ini Indonesia baru memiliki 1,5 persen pengusaha dari sekitar 252 juta penduduknya.

Baca juga: HJK Limapuluh Kota ke-183, Mahyeldi Bagikan Kunci Sukses Penyelenggaraan Pembangunan dan Pemerintahan

Angka ini jauh rendah dari Negara Singapura yang tercatat sebanyak 7 persen, Malaysia 5 persen, Thailand 4,5 persen dan Vietnam 3,3 persen jumlah pengusahanya.

"Karenanya, kita berharap kegiatan seminar ini mampu memberikan gambaran umum mengenai berwirausaha dalam bidang pertanian, menciptakan generasi muda yang mempunyai pengetahuan tentang bagaiman strategi berwirausaha dalam bidang pertanian. Dapat memberikan pembekalan kepada generasi muda di bidang kewirausahaan khususnya di bidang pertanian," jelas Gusmalini.

Seminar itu juga menghadirkan pemateri Tati Kancaniwati, motivator pengelola Kampung Bisnis Tegal Waru Bogor serta salah seorang alumni Politani, Kasriwandi yang sukses berwirausaha kebun sawit. (rls/kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: