Candi Padang Roco Sudah Layak Jual, Wagub: Masukan ke Kalender Wisata

Senin, 30 Januari 2017, 10:49 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Candi Padang Roco Sudah Layak Jual, Wagub: Masukan ke Kalender Wisata
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama St Riska Tuanku Kerajaan (bupati Dharmasraya) serta pihak terkait lainnya, foto bersam di depan kompel Candi Padang Roco di di Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung, Sabtu (28/1/2017). (humas)

VALORAnews - Pemprov Sumbar dan Pemkab Dharmasraya akan menjadikan Komplek Percandian Padang Roco, jadi destinasi wisata Sumbar untuk kunjungan wisata domestik dan mancanegara. Lokasinya akan dipercantik dengan terus mengembalikan bentuk aslinya.

"Pemugaran demi pemugaran untuk mendapatkan bentuk dan jumlah peninggalan candi yang lengkap terus diupayakan. Di titik candi yang terletak di Pulau Sawah yakni sebelah Barat Padang Roco, kini tengah di pugar oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar," ungkap Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat berkunjung ke Komplek Percandian Padang Roco, di Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung, Sabtu (28/1/2017).

Nasrul Abit yang datang dengan istri, dan Dinas Pariwisata serta lainnya, disambut Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

"Tim sudah bekerja, lokusnya sudah ada. Mudah-mudahan ditemukan situs yang baru," ungkap mantan bupati Pessel dua periode itu.

Baca juga: Rakerda PDI Perjuangan Sumbar 2022: Pendaftaran Bakal Caleg PDI Perjuangan Bisa secara Online, Ditutup 30 September 2022

Menurutnya, situs ataupun cagarbudaya yang ada di Dharmasraya memang perlu dibuka dan diperkenalkan pada publik. Pasalnya, dia tidak ingin wisata situs ataupun peninggalan kuno hanya bertolak di Tanahdatar saja. Apalagi, situs di Dharmasraya jauh lebih tua.

"Kita tidak mau kiblat wisata cagarbudaya hanya di Tanahdatar saja. Sementara di Dharmasraya juga sangat banyak. Pemerintahan akan bantu, bagaimana mempromosikan sehingga Komplek Percandian Padang Roco dapat dikenal sehingga menjadi destiwisata di Sumbar," ujarnya.

Nasrul dalam kesempatan itu juga memerintahkan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Sumatera Barat, untuk memasukkan Candi Padang Roco masuk dalam kalender wisata Sumatera Barat.

"Kadis pariwisata, tolong ini. Padang Roco dimasukkan dalam kalender wisata Sumbar dan tolong juga ini dipromosikan," tegasnya.

Baca juga: Rakerda PDIP Sumbar Apungkan Nama Sutan Riska jadi Cagub

Dia melihat, apa yang telah dilakukan pimpinan daerah telah baik. Hal itu dilihat dari pembenahan Jalan masuk yang sudah sangat baik. "Untuk wisata sudah layak, jalannya bagus. Tinggal lagi bagaimana proses pemugaran. Penjagaan. Kalau bisa ga boleh diinjak. Takut rusak," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: