Candi Padang Roco Sudah Layak Jual, Wagub: Masukan ke Kalender Wisata

Senin, 30 Januari 2017, 10:49 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Candi Padang Roco Sudah Layak Jual, Wagub: Masukan ke Kalender Wisata
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama St Riska Tuanku Kerajaan (bupati Dharmasraya) serta pihak terkait lainnya, foto bersam di depan kompel Candi Padang Roco di di Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung, Sabtu (28/1/2017). (humas)

Semenntara, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memang membidik pembenahan Candi Padang Roco sebagai program Dinas Pariwisatanya. Untuk itu, berbagai pembenahan seperti pemulusan jalan masuk, perbaikan infrastruktur seperti, toilet, jalan setapak dan taman.

"Selain pendidikan, pariwisata juga menjadi program kita. Candi Padang Roco menjadi salah satunya. Karena memang Dharmasraya dengan Candi Padang Roco sudah menjadi sorotan dunia," sebutnya.

Duplikat Arca Bhairawa

Baca juga: Dharmasraya Serahkan LKPD 2016, St Riska: Kita Optimistis dapat WTP

Membentuk komplek seperti dulu kala, maka salah satunya dengan mengembalikan patung Arca Bhairawa yang saat ini tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Namun, karena hal itu dinilai tidak mungkin, maka Nasrul menyarankan untuk membuat duplikat Arca Bhairawa.

"Yang di museum tentu tidak bisa dikembalikan. Namun untuk menempatkan Arca Bhairawa kembali ke sini, tidak ada masalah. Kita buat duplikasinya. Apalagi pematung yang terkenal di Jogya adalah orang Minang. Jadi tidak ada masalah," ungkapnya.

Ide itu diamini Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Untuk mewujudkan itu maka dia berjanji pihaknya akan berkoordinasi dengan pemprov. "Dari dulu memang kita mau duplikat Arca Bhairawa. Untuk itu Pemkab, Pemprov dan Kementerian akan bekerjasama. Mudah-mudahan dengan ini Candi Padang Roco akan dikenal dan menjadi destinasi wisata yang baik di Sumbar," sebutnya. (rls/kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: