Irfendi Ajak Makan Sayur dan Buah

Kamis, 26 Januari 2017, 10:35 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Ajak Makan Sayur dan Buah
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi meminta senantiasa makan sayur dan buah, pada peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-57 tahun 2017 di halaman eks kantor bupati di Payakumbuh, Rabu (25/1/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengajak masyarakat daerah setempat hidup sehat, dengan senantiasa makan sayur dan buah setiap harinya. Ia berharap, berbagai pihak ikut terlibat dalam membangun pangan, gizi dan menggerakan masyarakat hidup sehat.

Hal itu disampaikan Irfendi dalam sambutannya pada apel gabungan dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-57 tahun 2017 di halaman eks kantor bupati di Payakumbuh, Rabu (25/1/2017).

"Mari kita budayakan hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik setiap harinya minimal selama 30 menit. Selain itu, konsumsi sayur dan buah serta cek kesehatan secara rutin," ujar Irfendi.

Diharapkan Irfendi, ke depan terus berupaya melakukan perbaikan mutu gizi masyarakat yang antara lain melalui perbaikan konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi dan peningkatakan akses dan mutu pelayanan gizi.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Sebab, Indonesia termasuk kedalam 17 negara di antara 117 negara yang mempunyai masalah gizi pada balita yang mengakibatkan stuting (pendek), wasting (kurus) dan over weight (gemuk). Selain itu, Indonesia juga termasuk di dalam 47 negara dari 122 negara yang mempunyai masalah anemia pada wanita usia subur (WUS).

"Berbagai penyakit tidak menular tersebut, merupakan pembunuh terbesar di dunia seperti halnya serangan jantung, stroke, diabetes, kanker dan lainnya. Penyakit itu jelas menyebabkan biaya tinggi. Resiko penyakit tidak menular tersebut diantaranya disebabkan kurangnya makan sayur dan buah serta kurangnya aktifitas fisik," papar Irfendi.

Disamping meminta komitmen dan kerjasama lintas sektoral dan lintas program dalam membangun pangan, gizi dan gerakan masyarakat hidup sehat, dalam menyikapi berbagai penyakit yang mengancaman tersebut, putera Koto Tangah Simalanggang itu juga mengharapkan peran media massa dalam mempromosikan makan sayur dan buah serta meningkatkan aktifitas fisik masyarakat.

"Ayo kita kampanyekan pesan melalui media massa agar masyarakat kita meningkatkan makan sayur dan buah setiap harinya," ulang Irfendi.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, dr Tien Septino dalam laporannya memaparkan, dalam HGN kali ini digelar serangkain acara yang antara lain senam massal, apel bersama, kuliah umum tentang pentingnya aktifitas fisik, makan sayur dan buah oleh DR dr Afriwaldi serta kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: