Dompet Dhuafa Gelar TfT untuk 73 Calon Pengelola Wakaf

Minggu, 25 Desember 2016, 11:40 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Dompet Dhuafa Gelar TfT untuk 73 Calon Pengelola Wakaf
Dompet Dhuafa Singgalang, menggelar TfT untuk pengelolaan wakaf di Padang, Sabtu (24/12/2016). Pesertanya membludak mencapai 73 orang. (istimewa)

VALORAnews - Ekonomi jadi salah satu permasalahan pelik bangsa. Islam menawarkan berbagai solusi untuk menyelesaikan masalah itu, salah satunya melalui wakaf. Wakaf dalam tata kelola harta, merupakan salah satu yang dianjurkan Rasulullah SAW. Dengan berwakaf harta yang dimiliki, akan jadi lebih bermanfaat dan berkah.

Wakaf bukanlah sesuatu hal yang sulit dilakukan. Setiap muslim bisa berwakaf. Wakaf adalah gerakan edukasi dan kampanye wakaf pada masyarakat yang bertujuan untuk membangun peradaban melalui wakaf. Wakaf mengajak semua kalangan untuk bersama-sama terlibat langsung untuk membangun kesadaran ummat, untuk berwakaf di lembaga-lembaga wakaf di Indonesia, salah satunya Dompet Dhuafa.

"Agenda Training for Trainer (TfT) Wakaf yang digelar Sabtu (24/12/2016) di Padang ini, adalah upaya Dompet Dhuafa dalam mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan dan manfaat wakaf. Roadshow dilaksanakan tal hanya di Padang, namun juga di daerah lain di Indonesia, di antaranya Medan, Semarang, Serang, Jakarta, dan terakhir di Palembang (15-27/12/2016)," tutur Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Defri Hanas.

Dikatakan Defri, dalam pelaksanaan TFT Wakaf ini, Dompet Dhuafa Singgalang bekerja sama dengan tim Yuk Wakaf Dompet Dhuafa pusat di Jakarta dan materi diberikan langsung oleh Direktur Wakaf Dompet Dhuafa, Ustadz Shon Haji.

Baca juga: Dibangun dengan Dana Wakaf, JK Letakan Batu Pertama Gedung Baru RSI Ibnu Sina Padang Panjang

Pesertanya pun terbatas sebanyak 66 peserta. Namun peminat cukup banyak sehingga yang hadir mencapai 73 peserta. "Wakaf berarti menahan harta benda untuk bisa dimanfaatkan disegala bidang untuk kemashlahatan umat, seperti tanah rumah dan lainnya dan dipergunakan oleh masyarakat sesuai dengan kebermanfaatannya untuk agama," tutur Ustadz Shon.

Agenda wakaf ini berlangsung dari pukul 08.00-16.00 WIB. Kegiatan berisi pengenalan wakaf, pelatihan singkat untuk Relawan Wakaf, training untuk bekal ke lapangan serta pembekalan agar Relawan wakaf siap dari segi fisik dan pengetahuan, untuk mengedukasi publik dalam gerakan Yuk Wakaf ini.

Head of Retail Wakaf Donation, Sunarto, juga memperkenalkan beberapa bentuk wakaf produktif Dompet Dhuafa yang telah berjalan. Contohnya, RS Rumah Sehat Terpadu Bogor, wakaf futsal, Masjid Madani dan masih banyak berbagai wakaf produktif yang telah dikelola oleh Dompet Dhuafa.

Diharapkan, adanya TFT Wakaf ini, masyarakat dapat teredukasi dengan baik tentang pemanfaatan wakaf secara efektif dan produktif. Sehingga pendayagunaan surplus maupun produk dari program wakaf ini juga memberi kebermanfaatan bagi masyarakat demi kemajuan sosial dan ekonomi. (rls/kyo)

Baca juga: Lembaga Wakaf Yarsi Diresmikan: Sandiaga Uno: Rebut Peluang Pariwisata Berbasis Kesehatan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: