Persiapan Kurban Berkualitas untuk Muslim Pelosok

Jumat, 26 Agustus 2016, 09:28 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Persiapan Kurban Berkualitas untuk Muslim Pelosok
Salah satu sapi yang disurvei tim Dompet Dhuafa Singgalang, istiqomah untuk mendapatkan sapi terbaik untuk muslim pelosok. (istimewa)

VALORAnews - Selama 16 hari lagi, umat Islam akan merayakan Idul Adha, sebuah momen yang berisi pesan wukuf dan kurban. Sebagai salah satu lembaga yang berkhidmat membangun umat dengan pengelolaan dana Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf (ZISWAF) dan Sosial Kemanusiaan, momen Kurban menjadi salah satu ajang memperkuat ukhuwah islamiyah dalam bentuk penyaluran daging kurban bagi muslim kurang mampu, di daerah pelosok minus pelaksanaan kurban di Sumatera Barat dan nasional.

Sebagian tim Dompet Dhuafa Singgalang, kini tengah sibuk dalam persiapan kurban. Bagi tim, mencari hewan kurban yang berkualitas, memerlukan berbagai banyak persiapan dan pertimbangan. Mengingat donasi kurban yang dititipkan merupakan amanah umat, tim tak bisa sekadar membeli sapi tanpa melewati proses Quality Control (QC).

QC yang dijalankan Dompet Dhuafa Singgalang, mengikuti standarisasi seperti tahapan yang dilaksanakan di Dompet Dhuafa Pusat, Jakarta. Saat ini, tim survei lapangan memastikan semua mitra menyediakan hewan ternak sesuai kuota masing-masing.

"Dalam hal ini, kami melakukan pengecekan bobot hewan kurban. Bobot kambing setidaknya mencapai angka 18-25 Kg, sedangkan sapi, bobotnya antara 180-250 Kg. Tentu saja jika lebih berat akan lebih bagus lagi," tutur Tim Survei dan Pembelian Kurban Dompet Dhuafa Singgalang, Fauzi Yandri, pada Kamis (25/8/2016).

Baca juga: 7 Website Penghasil Uang Terbukti Membayar Desember 2023, Misi Survey Hingga Nonton Video

Fauzi menceritakan pengalamannya selama survei hewan kurban ke peternak-peternak lokal. Rata-rata, sapi yang telah disurvei memiliki bobot dan spesifikasi yang sesuai dengan dengan standarisasi Dompet Dhuafa Singgalang.

"Alhamdulillah, Sampai saat ini sudah terkumpul lebih 20 ekor sapi yang siap disebar di titik-titik minus kurban yang juga telah disurvei oleh tim kondisi daerahnya. Di antaranya Mentawai, dimana masih sangat langka pelaksanaan kurban di sana, dengan rata-rata hewan ternak disana hanyalah ayam dan bebek," ungkapnya.

Selain itu, Insya Allah Dompet Dhuafa juga menyalurkan hewan kurban di titik-titik penyebaran berikut; daerah Batang Kapeh - Pesisir Selatan, Simpang Alahan Mati - Pasaman, Ampang Kuranji- Dharmasraya, Sijunjung, Padang, Tanahdatar, Solok Selatan, Kab. Solok, Pasaman Timur, Agam dan Limapuluh Kota.

"Semoga jumlah sapi dan kambing yang kami kumpulkan nantinya mampu mencapai dan melebihi target sehingga jangkauan penyebaran kami dapat tercapai dan lebih luas nantinya," harap Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Defri Hanas.

Baca juga: Mirip Youtube, Cuan di Website Penghasil Uang Doddstream dengan Iklan Otomatis

Defri juga mengimbau masyarakat dapat menyalurkan kurban dengan tepat sasaran, agar tak ada lagi kurban menumpuk di kota, namun minus di daerah terpencil dikarenakan kondisi masyarakatnya yang tak mampu untuk kurban.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: