Inilah Indahnya Manfaat Kurban Andai Kita Tahu

Kamis, 18 Agustus 2016, 21:37 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Inilah Indahnya Manfaat Kurban Andai Kita Tahu
Seorang peternak penggemukan sapi, tengah memberi makan sapi yang dikelola peternak dari Kampung Ternak di Dharmasraya, yang merupakan binaan dompet dhuafa singgalang. (istimewa)

VALORAnews - Tahukah Anda? Menjalani ibadah kurban menuai banyak hikmah dan manfaat. Mau tahu apa saja? Yuk! simak sembilan hikmah dan manfaat dalam berkurban di bawah ini.

Menempatkan cinta kepada Tuhan sebagai cinta tertinggi/teragung

Sejak diperintahkan, apa yang diminta dikorbankan adalah barang/sesuatu yang sangat dicintai/disukai, yang menunjukkan bahwa Allah sedang menguji apakah seorang hamba itu benar/sungguh-sungguh mencintai Allah diatas segalanya, mau mengorbankan apa saja untuk yang dicintainya, sekaligus menegaskan bahwa Allah adalah pemilik semuanya termasuk apa-apa yang ada/dititipkan pada manusia.

Mendapatkan bekal taqwa

Baca juga: Biofarma Group Tebar 103 Hewan Qurban

Manusia hidup di dunia harus mencari bekal taqwa untuk keselamatan di akhiratnya, dengan menjalankan perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya. Manusia yang bertaqwa akan tumbuh perasaannya bahwa ia adalah hamba/abdi dari Tuhannya. Berkurban merupakan bentuk ketaatan dan tunduk atas perintah Tuhan.

Sarana mendekatkan diri pada Tuhan

Kurban mempunyai akar kata qaruba, yang membentuk kata: qurb (dekat), taqarrub (mendekatkan diri), aqriba' (kerabat). Seiring bertambahnya usia akan bertambah dekat pula dengan kematian, artinya makin dekat perjumpaan dengan Tuhan, dengan qurban minimal menjadikan ingat dan insaf, yang pada akhirnya berjumpa dengan-Nya dalam kebaikan.

Mengharapkan kesucian diri dan hartanya

Baca juga: Indo Jalito Berquban Seekor Sapi untuk Bukittinggi, Dibagikan di Tarok Dipo dan Pintu Kabun

Setiap kebaikan adalah sedekah, yang berfungsi untuk mensucikan diri dan harta. Ibadah Kurban adalah amal kebaikan yang amat disukai Allah di Hari Raya Iedul Adha (HR. Tirmidzi)

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: