Inilah Indahnya Manfaat Kurban Andai Kita Tahu

Kamis, 18 Agustus 2016, 21:37 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Inilah Indahnya Manfaat Kurban Andai Kita Tahu
Seorang peternak penggemukan sapi, tengah memberi makan sapi yang dikelola peternak dari Kampung Ternak di Dharmasraya, yang merupakan binaan dompet dhuafa singgalang. (istimewa)

Sebagai penebus dosa, untuk mendapatkan pengampunan

HR Al-Bazzar dan Ibnu Hibban; "Hai Fatimah,berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu"

Memupuk sifat mahmudah dan memupuskan sifat mazmumah

Baca juga: Gubernur Sumut Ikuti Shalat Idul Adha di Lapangan Malabar, Ini Pesan yang Disampaikan

Melaksanakan Kurban dengan penuh penghayatan dapat memupuk sifat mahmudah yang berupa ketaatan, ketundukan atas perintah-Nya, pemurah terhadap sesama, bertaubat, menambah rasa syukur, dan lainnya. Disamping itu juga memupuskan sifat mazmumah seperti cinta dunia, kikir, pelit, sombong, dendam, hasad dengki, dan lainnya.

Meningkatkan kasih sayang

Tidak dipungkiri bahwa Kurban bermanfaat bagi sesama, menumbuhkan dan meningkatkan kasih sayang, utamanya antara yang kaya dan miskin, merekatkan hubungan yang renggang, wujud kebersamaan dan kerukunan, karena masyarakat saling bersilaturahim.

Syiar Islam, sunnah Nabi Ibrahim AS

Ibadah Kurban adalah syiar Islam yang melestarikan millah atau sunnah Nabi Ibrahim as, Nabi yang berjuluk Khalilullah (orang yang sangat dekat dengan Tuhan)

Pahala dan kemudahan meniti diatas shirat, dan lainnya.

"Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih haiwan Kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu." (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim), dalam riwayat lain "Muliakanlah kurban kamu karena ia menjadi tunggangan kamu di titian (shirat) pada hari kiamat."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: