Ombudsman Temukan Kunci Jawaban UN Beredar di SMPN 1 dan 2 Pariaman

Selasa, 10 Mei 2016, 14:20 WIB | Kabar Daerah | Kota Pariaman
Ombudsman Temukan Kunci Jawaban UN Beredar di SMPN 1 dan 2 Pariaman
Ilustrasi.

VALORAnews - Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/sederajat di Sumbar, Ombudsman Perwakilan Sumbar menemukan indikasi kecurangan pada dua SMP di Kota Pariaman. Yakni SMPN 1 dan SMP 2 Pariaman. Dikedua sekolah tersebut, Ombudsman menemukan lembaran-lembaran yang diduga kunci jawaban UN.

"Kita menemukan kunci jawaban ada pada siswa, saat mereka selesai UN dan keluar ruangan. Di dalam laci meja, juga banyak ditemukan lembaran-lembaran yang diduga kunci jawaban UN," ujar Adel Wahidi, perwakilan Ombudsman RI untuk Sumbar, di kantornya Selasa (10/5/2016).

Adel juga mempertanyakan integritas pengawas UN, di kedua sekolah tersebut. "Lembaran-lembaran tersebut, ditemukan di dalam laci meja. Berarti dibawa siswa. Bagaimana mungkin, hal tersebut bisa lolos dari pemgawas," tanyanya.

"Seharusnya, jika ditemukan hal seperti ini, pengawas membawa siswa tersebut keluar bahkan pengawas bisa membatalkan UN di sekolah tersebut," tambahnya.

Baca juga: Warga Pukul Petugas Saat Turunkan APK Pemilu 2024 di Padang Pariaman, Dandim 0309 Ingatkan Jangan Kasar

Saat ini, temuan tersebut sudah dilaporkan ke Ombudsman pusat untuk diproses. Adel menyayangkan masih terjadinya kecurangan seperti ini. "Kenapa masih terjadi kecurangan, padahal UN tidak lagi jadi faktor utama yang menentukan kelulusan siswa," tegasnya. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: