Warga Tagih Janji Wabup dengan Blokir Lagi Jalan Kerinci-Sumbar

Selasa, 10 Mei 2016, 14:02 WIB | Kuliner | Provinsi Sumatera Barat
Warga Tagih Janji Wabup dengan Blokir Lagi Jalan Kerinci-Sumbar
Kendaraan berbagi ukuran, tak bisa menuju Kerinci maupun sebaliknya, akibat jalan diblokir warga Kelurahan Siulak Deras, Kerinci, Selasa (10/5/2016). Pemblokiran ini merupakan yang keempat kalinya dilakukan warga. (riko pirmando/valoranews)

VALORAnews - Sejak Selasa (10/5/2016) dinihari, ruas jalan Kerinci menuju Padang (Sumbar) via Solok Selatan, masih diblokir warga Kelurahan Siulak Deras, Kerinci.

Aksi pemblokiran, guna menuntut janji Wabup Kerinci, Zainal Abidin atas nama Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Forkompimda, menutup Galian C Ilegal dan membangun proyek penahan banjir di wilayah itu, yang sebelumnya dilanda banjir bandang.

Aksi pemblokiran jalan merupakan ke empat kalinya, pada minggu lalu terjadi pemblokiran namun Zainal Abidin dengan Forkompinda turun tangan dan membuat pernyataan dengan warga berisi dua poin yaitu menutup Galian C dan membuat tembok penahan banjir.

Keempat kalinya pemblokiran terjadi lagi, mengakibatkan jalur Kerinci-Sumbar lumpuh total. Ratusan kendaraan dari kedua arah pun terjebak berjam-jam di lokasi.

Baca juga: Komisi I DPRD Kerinci Konsultasi tentang Perpres 53 Tahun 2023 dengan DPRD Sumbar

Agusmiyanto, salah seorang warga Kerinci yang baru pulang dari Kota Padang, Sumbar, mengatakan, dia terjebak di lokasi sejak pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

"Dari pukul 1 malam tadi kami terjebak di sini, sampai pagi ini blokir jalan tak kunjung dibuka," ujarnya.

Ia berharap pemerintah segera bertindak untuk menyelesaikan masalah ini. "Tolong pemda segera selesaikan masalah ini. Kasian warga yang terjebak. Di sini tidak ada warung, stok makanan tidak ada," tutupnya.

Kapolsek Gunung Kerinci, Iptu Pasaribu, dikonfirmasi pagi ini juga membenarkan itu. "Benar, jalan masih diblokir, sebelum janji pemda dipenuhi, mereka belum mau membuka blokir jalan," sebutnya singkat. (cr2)

Baca juga: Samsat Drive Thru Pangkalan Kerinci Diresmikan, Gubernur: PAD Riau Sudah Lebihi Dana Transfer

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: