Makam Syekh Abdul Wahid Potensi Dijadikan Kawasan Wisata Religi

Senin, 02 Mei 2016, 23:14 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Makam Syekh Abdul Wahid Potensi Dijadikan Kawasan Wisata Religi
Wabup Limapuluh Kota, berdialog dengan pengurus Pimpinan pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI), usai ziarah ke makam salah seorang tokoh pendidikan asal Limapuluh Kota itu, Senin (2/5/2016) siang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pimpinan pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI), Mulyadi mengaku, sangat tersentuh, atas kunjungan ziarah perdana unsur pemerintah daerah yang dipimpin Wabup Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan ke makam, Almarhum Syekh Abdul Wahid ASH.

"Kepedulian pemkab saat ini, jadi motivasi bagi pesantren MTI, mengembangkan mutu pendidikan kepada generasi penerus bangsa," ungkap Mulyadi saat prosesi ziarah ke makam salah seorang tokoh pendidikan asal Limapuluh Kota itu, oleh Wabup Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dan rombongan, Senin (2/5/2016) siang.

Tak hanya itu, keluarga besar dan pesantren, bahkan berniat ingin menjadikan makam Syekh Abdul Wahid, menjadi kawasan wisata religi di Limapuluh Kota.

"Jujur, saya tersentuh atas kepedulian kepala daerah saat ini. Kami sebenarnya sudah lama berniat ingin menjadikan tempat ini sebagai wisata religi. Dibuat museum. Dilengkapi fasilitasnya. Kami sudah menyusun draft proposal, untuk diajukan ke pusat," tuturnya. (Baca: Tak Pernah Ziarahi Makam Tokoh Pendidikan, Ferizal: Pemerintah Daerah Bisa Kualat)

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Draft proposal itu, katanya, akan dilayangkan ke Kemen PU-PR untuk usulan pembangunan perumahan pesantren di Tabekgadang. Begitu juga kepada Kemenkes, buat pembangunan pos kesehatan. Tabekgadang, katanya, merupakan daerah lokomotif pendidikan dan pembangunan di Limapuluh Kota. "Warisan ini ingin kami kembangkan, untuk mambangkik batang tarandam," tuturnya.

Bak gayung bersambut, Ferizal Ridwan merespon keinginan keluarga besar Syekh Abdul Wahid dan Pesantren MTI, dengan meminta dinas terkait merespon visi-misi tersebut. Ferizal juga berjanji, bakal membantu penambahan daya listik gedung pesantren dan laptop sebagai operasional.

"Ini potensi bagi kita. Bagaimana menarik pengunjung jika disini punya tempat wisata religi. Sentral pendidikan itu di sini, bukan di Ujung Batu sana," selorohnya. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: