Kodim 0307/Tanah Datar Gelar Latihan Kebencanaan

Kamis, 21 April 2016, 13:36 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Kodim 0307/Tanah Datar Gelar Latihan Kebencanaan
Komandan Kodim 0307/TD Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro memberi materi dalam Latihan Posko I Penanggulangan Bencana Rabu (20/4/2016) (istimewa)

VALORAnews---Kodim 0307/TD menggelar Latihan Posko I penanggulangan bencana yang dipusatkan di aula Makodim 0307/TD, Rabu (20/4/2016).

"Pelaksanan latihan ini merupakan bentuk nyata dalam membantu Pemerintah Daerah di wilayah Tanah Datar jika terjadi bencana di kabupaten Tanah Datar nantinya, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 20-22 April 2016," kata Komandan Kodim 0307/TD Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro.

Dikatakan, latihan Posko I penanggulangan bencana tersebut melibatkan berbagai pihak yaitu BPBD, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Tagana, Sat Pol PP dan Pemda Tanah Datar.

"Kegiatan ini tentunya melibatkan berbagai pihak, tidak bisa Kodim bekerja sendiri, harus bekerjasama," ujarnya.

Baca juga: PILKADA 2024: Kian Panas, Birokrat Senior Pemprov Sumbar ikut Berebut Tiket Partai di Pessel

Dia menambahkan, tujuan dilaksanakannya Geladi Posko tersebut adalah Kodim 0307/TD sebagai satuan territorial.. Ia berharap dengan cepat mengendalikan atau mengambil keputusan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada Pemda dalam hal ini adalah penanggulangan bencana.

"Jadi begitu ada bencana, banjir misalnya, kita bisa langsung bergerak cepat membantu masyarakat," katanya.

Dandim menambahkan, tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengantisipasi terjadinya bencana. selain itu, kita juga harus tingkatkan kordinasi dengan lintas instansi lainnya.

Sementara itu Danrem 032/Wirabraja yang diwakili Kasi Operasi Kolonel Wawan Herawan menekankan, kesungguhan peserta dalam latihan sehingga mampu mencapai hasil yang diinginkan.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelontorkan Rp137 miliar untuk Perbaikan Jalan Provinsi di Tanah Datar

"Marilah kita optimalkan bekal latihan baik materi ataupun teori serta aplikasinya sehingga ada akhirnya kita adapat menjalankan tugas dilapangan secara profesional," sebut Wawan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: