Soal Koreksi APBD Sumbar 2015: Alex: Dipotong karena Tak Pro Publik

Selasa, 06 Januari 2015, 18:13 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Soal Koreksi APBD Sumbar 2015: Alex: Dipotong karena Tak Pro Publik
Ketua DPD PDIP Sumbar Alex Indra Lukman

VALORAnews - Anggota DPR RI Dapil Sumbar 1, Alex Indra Lukman menilai, pemerintah daerah di Sumbar masih belum mampu menyesuaikan diri dengan langgam pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla. Setidaknya, hal itu dibuktikan dengan signifikannya angka koreksian kegiatan yang telah disusun dalam APBD Sumbar 2015. Mencapai angka Rp1,3 triliun dari total pendapatan daerah sebesar Rp4,2 triliun.

"Kenapa anggaran untuk Bansos dan Hibah yang mau terus dibesar-besarkan alokasinya. Sementara, anggaran dibidang pendidikan yang telah diwajibkan UU Sisdiknas sebesar 20 persen, tak diperhatikan secara serius. Yang dikoreksi pusat itu kan terkait dana yang tak pro publik," ungkap Alex Indra Lukman dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (6/1).

Alex yang juga bendahara Fraksi PDIP DPR RI itu mengaku, memahami persoalan kewenangan yang jadi kendala Pemprov untuk ikut mengurus persoalan ditingkat kabupaten/kota. Seperti di bidang pendidikan dan kesehatan. Tapi, tegas Alex, pemerintah daerah tak boleh terhenti berperan mengisi pembangunan, tersebab persoalan kewenangan itu.

"Agar anggaran pendidikan pemprov sebesar 20 persen itu bisa terserap maksimal, salah satunya adalah menjadikan seluruh guru di Sumbar ini jadi pegawai pemprov. Sehingga, anggaran pendidikan pemkab/pemko, bisa lebih difokuskan untuk kegiatan fisik karena masih banyak gedung sekolah kita yang tak representatif dan kekurangan labor," usul Alex.

Baca juga: PDI Perjuangan Raih 1 Kursi DPR RI dari Sumatera Barat, Alex: Mohon Doa dan Kritiknya

Begitu juga halnya di bidang kesehatan. Seluruh pegawai bidang medis ini, juga dijadikan pegawai pemprov. "Kita sama memahami, porsi terbesar PNS itu berada di sektor pendidikan dan kesehatan ini. Akibatnya, dana APBD banyak tersedot untuk bayar gaji mereka," terang Alex.

"Dengan memposisikan guru dan paramedis jadi pegawai pemprov, maka porsi APBD sebesar 60 persen untuk belanja publik dan 40 persen untuk belanja pegawai bisa dengan lebih mudah dipenuhi. Sekarang ini, evaluasi anggaran di APBD itu terjadi, karena porsi belanja publik masih rendah di masing-masing daerah," tambah Alex yang juga ketua DPD PDIP Sumbar itu.

Benahi RS Milik Pemprov

Untuk bidang kesehatan, terang Alex, pemprov harus mulai berpikir untuk menjadikan rumah sakit miliknya (RS Saanin di Padang, RSAM di Bukittinggi, RSUD Padangpariaman dan RSUD Solok) bisa melayani masyarakat Sumbar tanpa perlu dirujuk lagi ke RSUP M Djamil yang merupakan milik pemerintah pusat.

Baca juga: Muhammadiyah Sumbar Terima H Alex Indra Lukman

"Gubernur harus membuat program terukur, untuk melengkapi rumah sakit milik pemprov, mulai dari sarana prasarana, paramedis hingga kelengkapan dokter spesialisnya. Dengan begitu, penyakit berat sekalipun, bisa ditangani tanpa perlu dirujuk ke rumah sakit milik pusat. Dampaknya, tentu pada sumbangan PAD dari rumah sakit jadi lebih besar lagi bagi daerah," terang Alex yang duduk di komisi IX (bidang kesehatan) itu.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: