Pasar Siteba Kacau Balau

Selasa, 08 Maret 2016, 20:58 WIB | News | Kota Padang
Pasar Siteba Kacau Balau
Wako Padang Mahyeldi Ansharullah mengunjungi Pasar Siteba yang dalam kondisi semrawut (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mendadak gusar ketika menginjakkan kakinya di Pasar Siteba Padang. Tak hanya penataan yang semrawut, bau tumpukan sampah dan becek, praktis menambah suasana tidak nyaman bagi pengunjung pasar.

Pantauan di Pasar Siteba, kondisi pasar diperparah lagi dengan parkir kendaraan yang tidak teratur hingga memakai badan Jalan Raya Siteba. Belum lagi pedagang yang menempati trotoar sehungga tidak ada ruang bagi pengunjung atau pejalan kaki.

Di sisi bagian lain, sebuah kontainer yang dipenuhi sampah mengundang bau busuk. Sayangnya, belum ada tanda-tanda kalau sampah tersebut akan diangkut dan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Dinas terkait bersama pedagang harus bisa menjaga pasar agar tetap bersih dan teratur. Supaya pengunjung juga nyaman dan kualitas lingkungannya lebih baik," ketus Mahyeldi kepada jajarannya yang hadir dalam kunjungan tersebut, Selasa (8/3/2016).

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Ia mewanti-wanti UPT dan pedagang agar lebih memperhatikan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Perbuatan itu melanggar Perda Kota Padang Nomor 21 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah.

Sementara itu, Camat Nanggalo mengakui panataan Pasar Siteba termasuk salah satu 'PR' yang akan dituntaskan dalam waktu dekat. Akan tetapi penataan tersebut dilakukan bersinergi dengan Dinas Pasar, Dinas Perhubungan, serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

"Ini (penataan pasar) merupakan PR kita di Nanggalo. Untuk itu perlu bersinergi dengan dinas terkait serta pendekatan kepada pedagang," katanya.

Teddy menambahkan, upaya dari pihak kecamatan sejauh ini telah melakukan pendekatan kepada pedagang dan warga terkait menjaga kebersihan. Termasuk memberi peringatan kepada pedagang yang menempati trotoar dan fasilitas umum lainnya.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

"Rencananya dalam waktu dekat kita akan melaksanakan gotong royong membersihkan pasar bersama pedagang dan warga serta dinas terkait," imbuhnya.(vri)

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: