Apapun Jenis Mobil, Anda Bisa Berhemat! Ini Caranya

Jumat, 29 Januari 2016, 19:50 WIB | Otomotif | Provinsi Sumatera Barat
Apapun Jenis Mobil, Anda Bisa Berhemat! Ini Caranya
CEO Carmudi Indonesia Subir Lohani dan Co-Founder Carmudi Indonesia Gunnar Rentzsch (ist)

VALORAnews--Tidak harus memiliki mobil hybrid untuk bisa menghemat penggunaan bahan bakar mobil Anda. Fitur berjenis eco-care pun telah banyak diluncurkan berbagai merek kendaraan demi mengedukasi masyarakat untuk berhemat bahan bakar.

Dirjen Migas Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral menyatakan bahwa saat ini kapasitas penyimpanan cadangan operasional untuk kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) kurang lebih sekitar 21-22 hari atau sejumlah 30,8 juta barel.

Sedangkan untuk mencapai ketahanan energi idealnya suatu negara harus memiliki cadangan BBM hingga 90 hari. Hal ini berarti idealnya Indonesia setidaknya memiliki cadangan BBM hingga 126 juta barel. Penghematan BBM merupakan hal mutlak dan kita sebagai pengemudi dapat berhemat bila mengetahui caranya.

Carmudi Indonesia merangkum informasi mengenai cara-cara mudah yang dapat dilakukan setiap pengendara untuk dapat berhemat bahan bakar apapun merek dan jenis mobilnya.

1. Muatan barang

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah berat muatan barang yang Anda bawa di mobil pada saat bepergian. Jika Anda membawa dua buah koper yang memiliki berat 20kg dan sebuah boks dengan berat 5kg maka hal tersebut sudah mengurangi dua persen dari laju mobil Anda.

2. Peletakan barang bawaan

Seringkali pada musim liburan atau mudik, banyak pemilik kendaraan yang menaruh barang di atap mobil karena kapasitas bagasi mobil tidak mencukupi. Namun faktanya, barang-barang yang ditumpuk di atap mobil tersebut dapat mengurangi sisi aerodinamis mobil dan berdampak pada pemborosan bahan bakar hingga lima persen.

3. Kecepatan

Hasil analisa Carmudi juga memperlihatkan bahwa mengebut di jalan raya kota menyumbang pemborosan bahan bakar sebesar lima persen dan mengebut di jalan bebas hambatan menimbulkan pemborosan hingga 33 persen pada mobil Anda.

Faktanya, bila Anda memacu mobil mulai dari kecepatan10 km/jam hingga 100 km/jam dengan menginjak pedal gas berulang-ulang, untuk setiap 1,6 km yang Anda tempuh maka sama saja dengan membuang ekstra Rp4.000 dari bensin yang seharusnya dapat Anda hemat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: