Apapun Jenis Mobil, Anda Bisa Berhemat! Ini Caranya

Jumat, 29 Januari 2016, 19:50 WIB | Otomotif | Provinsi Sumatera Barat
Apapun Jenis Mobil, Anda Bisa Berhemat! Ini Caranya
CEO Carmudi Indonesia Subir Lohani dan Co-Founder Carmudi Indonesia Gunnar Rentzsch (ist)

4. Kebiasaan memainkan gas saat mobil steady

Hal lain yang menjadi pemicu pemborosan bahan bakar adalah ketika Anda memainkan gas mobil Anda ketika berada di posisi steady atau idle, maka Anda membuang percuma 1/4 liter bensin.

Situasi ini sering terjadi pada saat Anda tengah di lampu merah atau ketika memanaskan mobil di pagi hari. Hal ini tidak diperlukan karena kendaraan masa kini tidak lagi membutuhkan pemanasan mesin ketika akan digunakan dan akan mati ketika didiamkan lebih dari 30 menit.

5. Tekanan udara ban

Anda sebaiknya juga rutin mengecek tekanan udara pada ban mobil Anda. Faktor tekanan udara yang pas akan mengefektifkan pembakaran bahan bakar mobil Anda hingga empat persen.

6. Pendingin udara

Langkah terakhir untuk menghemat bahan bakar adalah bijak menggunakan pendingin udara di kabin mobil. Pemakaian pendingin udara yang terlalu dingin menyumbang pemborosan bensin mobil Anda hingga 10-15 persen.

Gunakan pending udara mobil Anda dengan temperatur yang ringan agar tidak memberatkan kinerja mesin yang berakibat pada pemborosan bahan bakar mobil kesayangan Anda.

"Kebiasaan berkendara yang benar dan mengetahui tentang hal-hal sederhana ternyata dapat berkontribusi terhadap penghematan bahan bakar yang cukup signifikan. Carmudi berharap para pengendara menjadi semakin bijak untuk berkendara secara benar sehingga dapat berperan serta dalam penghematan bahan bakar dalam skala makro bila seluruh pengemudi menerapkannya," jelas Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia.

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: