Jalan Sudirman Bukittinggi Turun Status dari Jalan Nasional ke Level Kota

Jumat, 11 Oktober 2024, 08:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Jalan Sudirman Bukittinggi Turun Status dari Jalan Nasional ke Level Kota
Mentri PUPR RI, Basuki Hadimuljono dialog santai dengan Pjs Wali Kota Bukittinggi, H. Hani Syopiar Rustam saat penyerahan BMN berupa Jalan Sudirman Bukittinggi di Jakarta, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (10/10/2024) - Jalan Sudirman di Kota Bukittinggi jadi kewenangan pemerintah kota. Sebelumnya, jalan protokol ini, kewenangan dan pengelolaannya berada pada pemerintah pusat.

Proses serah terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR Tahun 2024 ini, dilaksanakan di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis.

Mentri PUPR RI, Basuki Hadimuljono menjelaskan, Kementerian Keuangan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa melakukan serah terima hibah Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR kepada Pemerintah Daerah, Yayasan, dan Perguruan Tinggi.

Selain itu, juga diserahkan alih status penggunaan BMN kepada kementerian/lembaga. Total hibah BMN kali ini sebesar Rp19,26 triliun.

Baca juga: Kemenhub Serahterimakan Hibah Bus Air dan Dermaga ke Pemkab Agam

Pjs Wali Kota Bukittinggi, H. Hani Syopiar Rustam, didampingi Kepala Dinas PUPR, Rahmat AE menyampaikan, Pemerintah Kota Bukittinggi mengapresiasi Kementrian PUPR, atas hibah BMN berupa jalan nasional pada Jalan Sudirman Bukittinggi, untuk tahun perolehan 2009.

Nilai perolehan dari hibah BMN ini berjumlah Rp93,933 miliar. Proses serah terima aset ini merupakan bentuk nyata dari sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

Hibah BMN ini tentu juga akan menunjang perkembangan Kota Bukittinggi sebagai pusat perdagangan dan destinasi wisata di Sumatra Barat.

Dikesempatan itu, Mentri Keuangan RI, Sri Mulyani menyampaikan, Kementrian PUPR merupakan salah satu kementrian yang baik dalam pengelolaan keuangan dan asetnya. Proses hibah akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.

Baca juga: Kementrian PUPR Rehab 180 Rumah di Bukittinggi

Kementerian PUPR dengan Kementerian Keuangan terus bersinergi membangun Indonesia secara berkelanjutan secara transparan, akuntablel dan bersih, untuk mendukung dan membantu pembangunan di Indonesia secara berkelanjutan. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024