Tim PKM-MNM Unand Latih Warga Dua Desa di Mentawai Pengolahan Pisang dan Talas

Selasa, 17 September 2024, 06:45 WIB | Kuliner | Kab. Mentawai
Tim PKM-MNM Unand Latih Warga Dua Desa di Mentawai Pengolahan Pisang dan Talas
Peserta pelatihan pengolahan pisang, serius memperhatikan arahan yang diberikan Ketua Tim PKM-MNM Unand, Mairawita Marlis Rahman, Sabtu. (daniwarti)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

MENTAWAI (17/09/2024) - Warga Desa Saureenuk dan Tua Pejat dilatih membuat olahan Pisang dan Talas jadi makanan cemilan dengan kreasi dan cita rasa beraneka rasa.

"Semoga, pelatihan ini bisa menjadikan produk pengananan dengan bahan baku asli Mentawai, bisa jadi cendermata serta kuliner yang dinikmati setiap turis yang datang berkunjung," ungkap Dr Mairawita Marlis Rahman.

Hal itu disampaikan Mairawita saat memimpin Program Kemitraan Masyarakat Membantu Nagari Membangun (PKM-MNM) Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Unand, di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (14/9/2024).

PKM-MNM ini digelar selama dua hari, tanggal 14 dan 15 September 2024, di Home Stay Mapadeggat Tua Pejat.

Baca juga: Usaha Pisang Sale Coklat jadi Peserta Terbaik Program Pendampingan Usaha Mikro Mandiri 2023

Dikatakan Wiwik, demikian dia karib disapa, kegiatan PKM-MNM ini merupakan tindak lanjut dari permintaan tertulis Kepala Desa Saureenu, Terjelius.

"Dalam surat itu, pak kepala desa meminta agar Unand mengirimkan tim ke Tua Pejat, memberikan pelatihan pengolahan Pisang dan Talas, agar bisa jadi penganan yang bervariasi," ungkap Wiwik.

Atas dasar itu, terang Wiwik yang memimpin konsep pengolahan pisang, Unand merancang kegiatan dalam bingkai PKM-MNM, untuk membantu masyarakat Saureenuk dan Tua Pejat.

Sementara, Ketua Pengolahan Talas, Dr Solfiyeni yang juga dosen Jurusan Biologi FMIPA Unand, berharap, kegiatan ini bisa jadi contoh dan penggerak UMKM. Selain itu, juga bisa jadi percontohan bagi daerah-daerah lain di Mentawai.

Baca juga: 120 Pelaku UMKM Bukittinggi Ikuti Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

"Kegiatan ini, akan berlanjut di tahun depan. Semoga, produk penganan lainnya bisa dikreasikan dengan bahan baku asli Mentawai," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: