Wakanda Taram; Potret Objek Wisata Berbasis CBT di Sumatera Barat, Beromset Rp2 Miliar per Tahun

Selasa, 10 September 2024, 20:16 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Wakanda Taram; Potret Objek Wisata Berbasis CBT di Sumatera Barat, Beromset Rp2 Miliar...
Bermain rakit bambu, salah satu daya tarik objek wisata Wakanda Taram di Limapuluh Kota. (jadesta)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Secara geografis, Wakanda Taram ini hanya berjarak sekitar 10 km dari objek wisata Lembah Harau, yang merupakan destinasi wisata unggulan Kabupaten Limapuluh Kota.

Sedangkan dari sisi aksesibilitas, Wakanda Taram hanya berjarak sekitar 8 km dari jalan utama provinsi yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Riau.

Desa Wisata Wakanda Taram ini berlokasi pada pertemuan dua buah sungai yang mengalir di kawasan hutan Taram yang kemudian dibendung.

Dulunya, warga di sekitar Wakanda Taram adalah penebang kayu ilegal. Kini, sejak Wakanda Taram dijadikan destinasi wiata, warga sekitar kemudian jadi pelaku pariwisata.

Dengan kunjungan sejak tahun 2018 rata-rata 400.000 wisatawan dan terus meningkat sampai sekarang.

Tercatat, 63 pemuda telah jadi pengelola Wakanda Taram. Kemudian, juga ada 38 tenaga harian lepas, 37 kepala keluarga sebagai pemilik rakit bambu, 25 kepala keluarga menyewakan benen dan 210 orang lagi sebagai pelaku kuliner di sekitar kawasan Wakanda Taram.

Secara geografi, hampir 70% kawasan Wakanda Taram adalah kawasan hutan. Kemudian, hampir 65% dari penduduknya, berprofesi sebagai petani.

Wakanda Taram itu sendiri yang merupakan pertemuan dua buah sungai.

Sungai yang pertama, airnya bewarna coklat, dimanfaatkan sebagai jalur rakit. Sungai yang kedua, merupakan dari kawasan Hutan Kapalo Banda yang airnya sangat jernih, dengan bebatuan warna-warni yang tidak ada di tempat lain.

Bagi penikmat adrenalin, Wakanda juga menyediakan jalur treking menuju Air Terjun Tujuh Tingkek maupun hiking menuju kawasan Hutan Compo (virgin foreistry).

Kelokasi ini, juga bisa menggunakan kendaraan ATV maupun Jeep Tour Wakanda. (*)

Halaman:
1 2 3
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: