Baralek Gadang KIP III, Supardi: Sarana Mengedukasi Masyarakat akan Arti Penting Hak untuk Tahu

Selasa, 21 Mei 2024, 10:52 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Baralek Gadang KIP III, Supardi: Sarana Mengedukasi Masyarakat akan Arti Penting Hak...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi membuka kegiatan Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) III di Payakumbuh, Rabu (8/5/2024). (humas)

PAYAKUMBUH (8/5/2024) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi berharap, semua informasi disetiap badan publik, bisa diakses semua masyarakat baik di pemerintahan provinsi, kota/kabupaten maupun lembaga/organisasi pemerintahan maupun lembaga non pemerintahan.

Supardi juga mengingatkan semua badan publik, wajib memiliki Daftar Informasi Publik yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mencari tahu semua informasi tentang badan publik tersebut.

"Semua badan publik wajib mempunyai daftar informasi publik yang berguna bagi masyarakat untuk tahu semua informasi pada suatu badan publik, tanpa ada yang disembunyikan," terang Supardi.

Hal itu disampaikan Supardi saat membuka kegiatan Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) III di Payakumbuh, Rabu (8/5/2024).

Baca juga: Supardi: Jangan Biarkan Generasi Muda Tercerabut dari Akar Budaya Minang

Baralek Gadang KIP Tahun 2024 ini mengangkat tema "Keterbukaan Informasi Publik untuk Kesejahteraan Masyarakat."

Kegiatan ini diikuti ratusan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Organisasi Kepemudaan.

Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar mengetahui haknya untuk memperoleh informasi publik.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan semakin memperkuat gaung kampanye keterbukaan informasi publik serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi Badan Publik guna mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Baca juga: Pertemuan Pilar-Pilar Sosial Angkatan II, Supardi Bicara Potensi Likuifaksi di Payakumbuh

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Payahkumbuh, Dipa Surya Persada mengapresiasi kegiatan Baralek Gadang KIP 2024 ini.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis

Bagikan: