Keberangkatan JCH di 6 Bandara Embarkasi Haji PT AP II Berjalan Sukses

Jumat, 23 Juni 2023, 20:00 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Keberangkatan JCH di 6 Bandara Embarkasi Haji PT AP II Berjalan Sukses
Jemaah calon haji (JCH) embarkasi Padang, tengah menunggu jadwak boarding di terminal keberangkatan Bandara Minangkabau. (humas)

PADANG PARIAMAN (23/6/2023) -- Proses keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) di enam bandara dibawah PT Angkasa Pura II berjalan sukses sejak keberangkatan perdana, 24 Mei 2023.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari Kementerian BUMN, Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan, serta maskapai, ground handling, TNI, Polri dan seluruh stake holder sehingga bandara AP II dapat dengan baik mengantar calon jemaah haji ke Tanah Suci," ungkap President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat.

Pada tahun ini, sebanyak 6 bandara AP II ditetapkan sebagai embarkasi haji yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

"Berdasarkan rencana, calon jemaah haji yang berangkat dari 6 bandara AP II mencapai 91.358 orang atau sekitar 44% dari total jemaah haji asal Indonesia yang sebanyak 205.980 orang," ujar Muhammad Awaluddin.

Baca juga: Irsyad Syafar Lepas Kloter XVII JCH Embarkasi Padang, Gabungan 13 Kabupaten Kota dan Bengkulu

Bandara Internasional Minangkabau melayani keberangkatan calon jemaah haji, sebanyak 6.329 orang.

"BIM pada periode Embarkasi Haji kali ini terdiri atas 17 Kloter dengan Kloter tambahan 3 kloter Provinsi Bengkulu," ungkap Executive General Manager Bandara Internasional Minangkabau, Siswanto secara terpisah.

Adapun total penerbangan haji di 6 bandara AP II mencapai 236 penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Saudia.

Jumlah penerbangan haji di 6 bandara AP II sebanyak 236 penerbangan itu juga sebesar 44% dari total penerbangan haji di Indonesia sebanyak 537 penerbangan. (*)

Baca juga: Pagi Ini, Erman Safar Lepas 295 JCH Bukitinggi, Dinihari Berangkat ke Tanah Suci

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: