Krisis Air Bersih, Pangan dan Energi Mengancam Dunia, Ini Penilaian Kabais untuk Sumbar

Rabu, 17 April 2024, 13:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Krisis Air Bersih, Pangan dan Energi Mengancam Dunia, Ini Penilaian Kabais untuk Sumbar
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi beserta sejumlah pimpinan OPD, bersilaturahmi secara virtual dengan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI, Letjen TNI Yudi Abrimantyo, di Istana Gubernuran, Selasa. (humas)

"Kita perlu siapkan langkah mitigasi terkait hal tersebut dari sekarang melalui kolaborasi antar lini sesuai Tupoksinya masing-masing," ungkap Letjen TNI Yudi Abrimantyo

Dikatakan, saat ini salah satu daerah yang dinilai cukup siap menghadapi tantangan tersebut adalah Provinsi Sumbar. Sebab, Pemerintah Daerah dan masyarakatnya peduli dengan kelestarian lingkungan.

"Sumbar berhasil mengharmoniasasi sumber daya air untuk mendukung sektor pangan melalui irigasi dan energi melalui PLTA, kemudian ketersediaan air bersih masyarakatnya juga lancar," ucap Letjen TNI, Yudi Abrimantyo.

Baca juga: Direksi, Komisaris dan Karyawan Bank Nagari Himpun Bantuan Senilai Rp251 Juta

Berkat harmonisasi itu, membuat Sumbar berhasil memiliki ketahanan lebih dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Di Sumbar, pangannya surplus, air bersihnya melimpah dan potensi energinya besar.

"Itu harus kita akui dan pengelolaannya patut diapresiasi," tukas Letjen Yudi Abrimantyo.

Dalam silaturhami virtual tersebut, dia juga menyampaikan rencananya akan datang berkunjung ke Sumbar dalam waktu dekat.

Tujuannya, agar dapat melihat lebih jelas kondisi di Sumbar untuk kemudian diadopsi dan diterapkan di daerah lainnya di Indonesia. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: