Anak Nagari Panampuang Gelar Goro Badunsanak, Ini Kata Bupati Agam

Senin, 11 Maret 2024, 19:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Anak Nagari Panampuang Gelar Goro Badunsanak, Ini Kata Bupati Agam
Bupati Agam, Andri Warman ikuti makan barapak bersama anak nagari Panampuang di GOR Kabasaran, usai kegiatan goro, Ahad. (humas)

Goro badunsanak ini digagas anak nagari, sebagai bentuk kekompakan dalam membangun kampung halaman.

"Setelah lebaran nanti kita juga akan bersihkan drainase, agar air tidak melimpah yang dapat merusak jalan," katanya.

Ditambahkan, jelang Ramadan ini secara swadaya anak nagari juga akan memasang lampu di jalan yang belum ada penerangan.

Baca juga: Perantau Panampuang Malaysia Baralek Gadang, Ini Harapan Bupati Agam

"Jika jalan terang, maka Panampuang akan terlihat lebih indah terlebih jalan juga sudah dibersihkan. Begitu juga masyarakat yang hendak ke masjid, tidak gelap-gelapan lagi," katanya.

Menurutnya, ini berkat kekompakan anak nagari, yang sangat peduli terhadap kampung. Sehingga apapun bentuk kegiatan, anak nagari turun langsung melaksanakannya.

"Semoga semangat kekompakan seperti ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan, bagaimana nagari ini bisa lebih maju," sebutnya.

Sementara, Anak Nagari Panampuang, Mayor (Mar) Rahmat Iskandar mengatakan, sudah saatnya anak nagari bersatu dalam membangun kampung halaman.

Wujud dari itu, katanya, dilaksanakan gotong royong yang dikemas dalam bentuk badunsanak, bahkan animo masyarakat sangat tinggi mengikutinya.

"Goro sudah dilaksanakan sejak sebulan lalu. Awalnya hanya diikuti puluhan orang, bahkan kini sampai ratusan. Ini wujud kebersamaan luar biasa yang diperlihatkan anak nagari," katanya.

Sebetulnya, kata Rahmat, kekompakan sudah terjalin sejak lama, tapi belum terkoordinir dengan baik. Menurutnya ini yang harus diperbaiki ke depan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: