Mendagri Ikuti Tradisi Makan Bajamba Ala Minang di HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Sampaikan Filosofinya

Minggu, 03 Maret 2024, 18:15 WIB | Kuliner | Provinsi Sumatera Barat
Mendagri Ikuti Tradisi Makan Bajamba Ala Minang di HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi mempersilahkan Mendagri, Tito Karnavian menikmati hidangan dalam konsep Makan Bajamba pada rangkaian kegiatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas tingkat nasional di Padang, Sabtu. (humas)

"Salah satu iven yang memang sengaja kita siapkan untuk menjamu para tamu, terutama sekali Bapak Mendagri beserta jajaran serta perwakilan Satpol PP dan Satlinmas dari seluruh Indonesia, adalah prosesi adat Makan Bajamba ini," ucap Mahyeldi.

Makan Bajamba, kata Gubernur, secara harfiah dapat diartikan sebagai makan bersama di dalam suatu wadah yang sama.

Namun, segala hidangan yang telah disiapkan itu baru bisa dinikmati setelah para tokoh adat menyampaikan pepatah dan petitih.

Baca juga: Hassanudin Ditunjuk Mendagri jadi Pj Gubernur Sumut, Tito: Jaga Amanah dan Komunikasi

"Prosesi adat ini mengandung nilai soal kesetaraan, kebersamaan, kekeluargaan, senasib sepenanggungan, dan keadilan," ungkap Mahyeldi.

"Semoga nilai-nilai itu dapat diambil dan dipedomani dalam setiap pelaksanaan tugas oleh Satpol PP dan Satlinmas, demi menjaga trantibum di tengah masyarakat," ujar Mahyeldi.

Dia menyebutkan, berbagai macam jenis makanan yang dihidangkan dalam prosesi Makan Bajamba, merupakan perwakilan masakan khas adat dari berbagai daerah di Sumbar.

Namun, yang membedakan hidangan kali ini dengan hidangan di Rumah Makan Padang yang tersebar di luar Sumbar, adalah keaslian rempah serta bumbu yang digunakan, yang memang 100 persen berasal dari tanah Sumatera Barat.

"Jadi, masakan Padang yang terhidang di hadapan Bapak Mendagri dan Bapak/Ibuk tamu undangan hari ini, adalah masakan bercita rasa asli Ranah Minang. Makan masakan Minang, langsung di Ranah Minang," ungkap Mahyeldi.

"Nanti, setelah kembali ke daerah masing-masing, semoga cita rasa itu tetap melekat di lidah, sehingga Bapak/Ibuk rindu untuk kembali ke Sumbar," ujar Mahyeldi yang disambut riuh tepuk tangan peserta.

Turut hadir dalam iven Makan Bajamba tersebut, jajaran Pejabat Kemendagri, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy; Sekda Sumbar, Hansastri; Unsur Forkopimda Sumbar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: