Bupati Agam dan Ketua TP PKK Hadiri Pawai Alegoris dengan Busana Adat Koto Gadang

Senin, 19 Agustus 2024, 20:05 WIB | Gaya Hidup | Kab. Agam
Bupati Agam dan Ketua TP PKK Hadiri Pawai Alegoris dengan Busana Adat Koto Gadang
Bupati Agam, Andri Warman bersama Yennita (Ketua TP-PKK) mengenakan pakaian adat nagari Koto Gadang, saat menghadiri Pawai Alegoris, Senin. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (19/8/2024) - Ribuan masyarakat Lubuk Basung, saksikan pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79, Senin.

Panggung utama pawai alegoris ini, di depan Rumah Dinas Bupati Agam. Bupati Agam, Andri Warman bersama Ketua TP-PKK, Yennita, hadir dengan mengenakan pakaian adat khas Nagari Koto Gadang.

Busana tradisional ini mencerminkan komitmen Pemkab Agam dalam melestarikan warisan budaya Minangkabau, sekaligus mengukuhkan identitas budaya lokal di tengah perayaan kemerdekaan.

Dalam sambutannya, Andri Warman menekankan pentingnya menjadikan momentum peringatan kemerdekaan sebagai sarana untuk memperkuat rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap budaya lokal.

Baca juga: Pawai Alegoris 2024, Diskominfo Agam Tampilkan Capaian Program Prioritas Bupati

"Pakaian adat Koto Gadang ini, bukan hanya simbol tradisi tetapi juga pengingat akan jati diri kita sebagai bangsa yang kaya akan nilai-nilai budaya," ungkap Andri Warman.

"Di tengah arus globalisasi, kita harus mampu mempertahankan dan memperkuat identitas budaya kita, sebagai landasan untuk membangun masyarakat yang berdaulat dan bermartabat," tambah Andri Warman.

Ia menambahkan, peringatan kemerdekaan harus diiringi dengan semangat inovasi dan kerja keras untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

"Kemerdekaan memberikan kita kebebasan untuk berkarya dan berinovasi. Mari kita jadikan momentum ini sebagai titik tolak untuk memperkuat komitmen kita dalam membangun Agam yang lebih maju dan sejahtera, dengan tetap berpegang pada nilai-nilai budaya dan kearifan lokal," imbuhnya.

Baca juga: DLH Agam Terjunkan 53 Personel Bersihkan Sampah Pasca Pawai Alegoris

Pawai alegoris ini menampilkan berbagai kendaraan hias, parade pakaian adat dan pertunjukan seni tradisional yang diikuti berbagai elemen masyarakat, pelajar dan instansi pemerintah.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: