Festival Pesona Minangkabau 2023 Dihelat, Arkadius: Layak jadi Kalender Tetap Pariwisata Nasional

Jumat, 08 Desember 2023, 07:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Festival Pesona Minangkabau 2023 Dihelat, Arkadius: Layak jadi Kalender Tetap Pariwisata...
Anggota DPRD Sumbar, Arkadius (kanan) bersama Eka Putra (bupati Tanah Datar), Kurleni Ukar (Staf Ahli Kemenparekraf) Audy Joinaldy (Wagub Sumbar) menuju arena pembukaan FPM 2023 di Istano Basa Pagaruyung, Kota Batusangkar, Rabu. (humas)

Ajang Kenalkan Budaya

Bupati Tanah, Datar Eka Putra mengatakan, Festival Pesona Minangkabau merupakan sebuah pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal Minangkabau.

Melalui iven ini, ditampilkan kekayaan seni budaya Minangkabau yang telah dikenal seantero nusantara dan bahkan ke dunia internasional.

Baca juga: Sosialisasi Perda Tata Kelola Komoditas Unggulan Perkebunan, Arkadius: Bentuk Kelompok agar Bisa Dapat Bantuan

Eka Putra mengungkapkan, Kabupaten Tanah Datar sebagai wilayah tertua dan sebagai tempat asal usul etnis Minangkabau, ikut bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak pupus tergerus zaman.

"Kita berharap agar dari bumi Ranah Minang muncul api semangat untuk meningkatkan dan mengembangkan seni budaya Minangkabau."

"Semoga kegiatan ini akan jadi pemicu dan pendorong bagi kita semua untuk memajukan seni tradisional yang seakan-akan terlupakan," ucapnya.

Ia menjelaskan, pada iven tahun ini akan ditampilkan 40 sanggar seni anak nagari terbaik dan rangkaian budaya yang ada di Tanah Datar dan Luhak Nan Tigo Minangkabau. Selain itu, juga ada penampilan sanggar dari Jawa Tengah dan Jambi.

Kunjungan Wisatawan Naik

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, khusus di Kabupaten Tanah Datar terdapat banyak sekali iven. Mulai dari tingkat nagari yang membantu geliat perekonomian masyarakat.

"Festival ini, telah menciptakan banyak hal di antaranya lapangan pekerjaan pelaku seni UMKM, asosiasi maupun komunitas. Tidak kalah pentingnya tentunya meningkatkan pergerakan wisatawan ke Sumbar," ungkap Audy.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: