Festival Pesona Minangkabau 2023 Dihelat, Arkadius: Layak jadi Kalender Tetap Pariwisata Nasional

Jumat, 08 Desember 2023, 07:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Festival Pesona Minangkabau 2023 Dihelat, Arkadius: Layak jadi Kalender Tetap Pariwisata...
Anggota DPRD Sumbar, Arkadius (kanan) bersama Eka Putra (bupati Tanah Datar), Kurleni Ukar (Staf Ahli Kemenparekraf) Audy Joinaldy (Wagub Sumbar) menuju arena pembukaan FPM 2023 di Istano Basa Pagaruyung, Kota Batusangkar, Rabu. (humas)

TANAH DATAR (7/12/2023) - Anggota DPRD Sumbar, Arkadius menilai, Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2023 merupakan event yang layak diusulkan jadi kalender tetap agenda pariwisata nasional.

Event FPM 2023 ini, menurut Arkadius, tidak hanya untuk kepentingan Tanah Datar semata, namun sudah masuk kharisma event nusantara.

"Ibarat mambangkik batang tarandam, even ini menyangkut tentang keagamaan, adat, budaya dan termasuk juga potensi-potensi yang ada di seluruh nagari di Sumbar," terang Arkadius saat menghadiri pembukaan FPM 2023 di Istano Basa Pagaruyuang, Kota Batusangkar, Kamis.

Menurut dia, selain ajang memperkenalkan dan melestarikan budaya Minangkabau, event FPM ini juga jadi ajang hiburan bagi masyarakat Sumbar.

Baca juga: 21 Kelompok Tani Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan dari Arkadius

Hal senada dikatakan Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Kurleni Ukar. Menurutnya, FPM ini dapat diusulkan untuk naik kelas ke event nusantara.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan seperti yang kita harapkan dan memiliki dampak positif terhadap budaya dan agama," harap Nike, demikian Kurleni Ukar karib disapa.

Nike mengapresiasi komitmen Pemkab Tanah Datar yang selalu menggerakkan budayanya jadi penggerak industri pariwisata. Caranya, komit menyelenggarakan event budaya mulai dari tingkat nagari/desa sampai ke event yang lebih besar.

"Dengan melihat semangat pemerintah daerah dan masyarakat, iven FPM ini nantinya akan jadi iven nusantara," ungkap Nike.

Baca juga: Arkadius Jelaskan 7 Jenis Perlindungan dari Perda Tata Kelola Komoditi Unggulan Perkebunan

"Saya yakin dengan penampilan tadi dan dengan adanya partisipasi seluruh lapisan masyarakat, FPM ini bisa terwujud menjadi iven nusantara," tambahnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: