21 Kelompok Tani Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan dari Arkadius

Kamis, 14 Desember 2023, 06:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
21 Kelompok Tani Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan dari Arkadius
Anggota DPRD Sumbar, Arkadius menyerahkan bantuan Alsintan untuk 21 kelompok tani di Kabupaten Tanah Datar, yang diserahkan di Kantor BPP Cubadak, Tanahdatar. (humas)

TANAH DATAR (13/12/2023) - Anggota DPRD Sumatera Barat, Arkadius Dt Intan Bano serahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) bagi 21 kelompok tani di Kabupaten Tanah Datar.

Bantuan Alsintan yang diserahkan di Kantor BPP Cubadak, Tanahdatar itu, diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengolah lahan pertanian.

"Alsintan tersebut berupa alat potong rumput untuk 9 kelompok tani, cultivator untuk 5 kelompok tani, TR 26,5 PK capung metal untuk 5 kelompok tani dan TR 26,5 PK untuk 2 kelompok tani," ungkap Arkadius, usai penyerahan bantuan, Rabu.

Turut mendampingi Arkadius, Kasubag TU UPTD Balai Mekanisasi dan Sarpras Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, Masri J.

Baca juga: Arkadius Jelaskan 7 Jenis Perlindungan dari Perda Tata Kelola Komoditi Unggulan Perkebunan

Dikatakan, sangat banyak yang mengajukan bantuan kelompok. Namun, harus mendahulukan yang sudah lebih awal memasukan proposal.

Arkadius menyebutkan, 10% APBD Provinsi Sumbar digunakan untuk bidang pertanian.

"Bantuan pertanian sangat banyak ragamnya, gunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produksi pertanian," katanya.

Bersama Dinas terkait, Arkadius akan mengembangkan beberapa jenis tanam bawang, yang akan berdampak bagi perkembangan perekonomian masyarakat tani khususnya di Tanahdatar.

Baca juga: Festival Pesona Minangkabau 2023 Dihelat, Arkadius: Layak jadi Kalender Tetap Pariwisata Nasional

"Sebanyak 48 % pupuk sudah dianggarkan, cuma bisa digunakan 22%. Hal ini disebabkan karena petani tidak menggunakan pupuk tepat sasaran," ungkapnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: