Kerja Sampingan untuk Persiapan Masa Depan, Cuan Terus Mengalir Setiap Bulan

Jumat, 17 November 2023, 21:06 WIB | Bisnis | Nasional
Kerja Sampingan untuk Persiapan Masa Depan, Cuan Terus Mengalir Setiap Bulan
Ilustrasi Kerja Sampingan dengan buat Kos-kosan (foto: Canva)

APABILA kamu sedang membutuhkan uang tambahan dan memikirkan untuk mencari kerja sampingan, mari coba lakukan hal berikut sebagai persiapan.

Ide kerja sampingan yang bisa kamu lakukan yaitu membuka kos-kosan, akan lebih bagus lagi jika lokasi rumahmu berada di area sekolah atau pun kampus.

Apalagi dengan membuka kos-kosan, kamu bisa mempersiapkan masa depan karena peroleh uang tambahan yang terus mengalir setiap bulannya dari penyewa.

Sehingga tiba saatnya kamu sudah tua dan tidak kuat lagi bekerja, tak perlu mengkhawatirkan soal uang karena akan selalu ada penyewa kos yang membayarmu.

Maka dari itu, mari simak tips membangun kos-kosan yang lengkap beserta estimasi biaya untuk kamu keluarkan di awal hingga operasional per bulan dan kelebihan & kekurangannya.

Ide Kerja Sampingan dengan Buka Kos-kosan

Untuk kamu ketahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila kamu ingin buka kos-kosan yaitu, apabila tempat tinggalmu berada di lingkungan sekolah atau pun kampus negeri.

Kedua, pastikan bahwa kamu setidaknya memiliki beberapa ruangan kosong di rumah atau lahan tanah yang sengaja dibangun untuk didirikan rumah kos. Artinya jika tidak punya rumah, kamu harus punya tanah.

Biaya Pembuatan Kos-kosan beserta Operasional

Ketiga, siap kan modal sekitar Rp40-50 juta menurut artikel BFI Finance. Anggaran tersebut adalah perkiraan dari pembuatan 6 kamar kos-kosan, ini diluar harga tanah ya. Jadi kamu harus punya lahan dulu, agar bisa membuat bangunan.

Namun apabila kamu sudah punya beberapa ruangan untuk disewakan, kamu bisa lakukan renovasi saja dengan perkiraan biaya Rp20 jutaan. Berikutnya, akan ada pengeluaran untuk air dan listrik atau pun pembiayaan kebersihan sejumlah Rp4 juta sebulan.

Keempat, apabila semua rangkaian di atas selesai dilakukan, ini waktunya kamu adakan promosi dengan memposting foto kos-kosanmu di berbagai media sosial. Bisa juga kamu daftarkan bisnis kos mu, pada aplikasi Mamikos.

Kelima, lengkapi beberapa fasilitas seperti Wi-Fi atau pun token. Pastikan perhitungan biaya bulanan, relevan dengan pengeluaran. Anggap lah biaya layanan sekitar Rp4 juta sebulan, maka pastikan uang kos dari penyewa melebihi angka tersebut setiap bulannya.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: