Polda Jawa Barat Serap Aspirasi KPKJA Waduk Cirata, Petani Ikan Keluhkan Ini

Jumat, 10 November 2023, 10:30 WIB | Bisnis | Nasional
Polda Jawa Barat Serap Aspirasi KPKJA Waduk Cirata, Petani Ikan Keluhkan Ini
Polda Jawa Barat melalui Subdit Ekonomi, inisiasi silahturahmi dengan Kelompok Pembudidayaan Kolam Jaring Apung (KPKJA) Kampung Jangari, Desa Bobojong di Kecamatan Mande. (istimewa)

CIANJUR (10/11/2023) -- Kualitas air waduk Cirata sudah melebih ambang batas, akibat makin menjamurnya budidaya ikan dengan sistem keramba (jaring) apung di waduk itu.

Mengatasi kasus pencemaran lingkungan ini, Polda Jawa Barat melalui Subdit Ekonomi, inisiasi silahturahmi dengan Kelompok Pembudidayaan Kolam Jaring Apung (KPKJA) Kampung Jangari, Desa Bobojong di Kecamatan Mande.

Maksud dan tujuan silahturahmi ini, untuk pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat serta ikut membantu untuk menyejahterakan petani KPKJA Cirata, dengan mendengarkan aspirasi yang dibutuhkan.

Tim Subdit Ekonomi Polda Jawa Barat, serahkan bantuan pada Kelompok Pembudidayaan Kolam Jaring Apung (KPKJA) Kampung Jangari, Desa Bobojong di Kecamatan Mande. (istimewa)
Tim Subdit Ekonomi Polda Jawa Barat, serahkan bantuan pada Kelompok Pembudidayaan Kolam Jaring Apung (KPKJA) Kampung Jangari, Desa Bobojong di Kecamatan Mande. (istimewa)

Karena, petani KPKJA yang lebih memahami kondisi di lapangan, guna meningkatkan hasil budidaya ikan untuk ketahanan pangan.

Ketua KPKJA Cirata, Edi Supandi menyambut baik silaturahmi yang diinisiasi Polda Jawa Barat. Apalagi, silaturahmi ini juga disertai penyerahan bantuan berupa Sembako, oli dan kaos.

Hasil rapat dengan dinas-dinas terkait di tingkat kabupaten, provinsi dan Kementrian Perikanan di Jakarta serta Komisi VIII DPR RI dan Kementrian Sosial yang sudah dilakukan, terang Edi Supandi, permasalahan yang dihadapi di antaranya harga pakan yang makin mahal dan murahnya harga jual ikan.

Kemudian, faktor cuaca yang tidak mendukung serta daya beli masyarakat yang kurang.

Kami juga sudah menandatangi perjanjian pelatihan budi daya ikan dan olahan bahan makanan dari ikan, dengan Universitas Pertanian Bogor (IPB) berjumlah 40 orang," ungkap Edi Supandi dalam sesi dialog.

Ditambahkan Sekretaris KPKJA Cirata, Endang Nurohman, harga tebus pakan ikan saat ini sekitar Rp11.000 per kg. Sementara, harga jual ikan mas sebesar Rp21.000 per Kg-nya.

"Kualitas ikan juga terpengaruh dengan eceng gondok yang ada di waduk, menyebabkan kadar oksigen berkurang untuk ikan," ungkap dia.

"Kami berharap, bapak-bapak dari Polda, bisa membantu menyampaikan aspirasi pada dinas terkait, untuk menurunkan harga pakan ikan," harap dia.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: